Rabu, 8 Mei, 2024

Zulhas Optimis Ekspor ke Amerika Latin Makin Besar

MONITOR, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan optimistis ekspor ke kawasan Amerika Latin semakin besar setelah ditandatanganinya skema Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Chile (IC—CEPA). Hal ini ditandai penandatanganan lima kontrak bisnis senilai USD 5,8 juta atau setara Rp90 miliar ekspor Indonesia ke Chile.

Penandatanganan kontrak bisnis tersebut telah dilakukan secara bertahap pada 15—17 November 2022 secara virtual. Hal tersebut disampaikan Mendag Zulifli Hasan setelah menyaksikan video rekaman penandatanganan kontrak dagang pengusaha kedua negara pada hari ini, Senin (21/11/2022).

Turut hadir menyaksikan yaitu Wakil Menteri Hubungan Ekonomi Internasional Republik Chile José Miguel Ahumada. Mendag Zulkifli Hasan didampingi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Djatmiko Bris Witjaksono, dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

“Kami menyambut baik penandatanganan kontrak bisnis senilai USD 5,8 juta oleh pelaku usaha Indonesia dan Chile yang memanfaatkan terbukanya pasar Chile dengan skema IC—CEPA. Sejumlah komoditas yang akan diekspor dalam kontrak bisnis tersebut yaitu mobil, perabotan keramik, serta makanan dan minuman,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

- Advertisement -

Mendag Zulkifli Hasan mengajak pelaku usaha Indonesia untuk jeli melihat peluang pasar yang terbuka melalui kesepakatan tersebut.

“Kami harap lebih banyak pelaku usaha yang jeli melihat peluang pasar Chile dan semakin banyak produk Indonesia yang akhirnya beredar di Chile,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER