Minggu, 8 September, 2024

Penataan Trotoar Margonda Depok Bakal Mirip Jakarta

MONITOR, Depok – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, tidak menampik revitalisasi trotoar di kawasan Margonda nantinya bakal dimanfaatkan warga untuk beraktivitas lainnya, tidak hanya untuk para pejalan kaki saja.

Menurut Citra, penataan Jalan Margonda direncanakan bakal tertata rapi seperti di wilayah Jakarta. Nantinya di sepanjang jalan tersebut bakal dipasang lampu penerangan jalan umum (PJU) yang bernuansa etnik oleh Dinas Perhubungan.

“Kemudian, ada juga bola-bola dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan,” kata Citra saat ditemui di Kantor PWI Kota Depok, dikutip Minggu (20/11/2022).

Dijelaskannya, pekerjaan trotoar di Jalan Margonda merupakan penataan lanjutan segmen I dan segmen III. Penataan lanjutan tersebut dimulai dari Jalan Dahlia sampai Masjid Ramanda sepanjang kurang lebih 800 meter.

- Advertisement -

Sedangkan, untuk segmen III berada disisi timur dari atas jembatan Juanda sampai sebelum Universitas BSI. Sementara sisi barat dimulai dari BNI sebelum Pom Bensin Margonda sampai dengan Rumah Makan Bumbu Desa.

“Total panjang trotoar segmen III yang kami tata yaitu 4,8 Km. Untuk lebarnya 4 meter, kecuali pekerjaan segmen I lebar trotoar yaitu 3 meter. Untuk segmen III lebih lebar karena akan ada aksesoris yang digunakan seperti bangku, bola-bola dan lampu,” jelas Citra.

Citra menyebut, pekerjaan penataan trotoar Jalan Margonda berlangsung sejak 6 September sampai dengan 16 Desember 2022. Adapun, biaya penataan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok dengan nilai Rp 23,5 miliar.

“Mudah-mudahan pekerjaan penataan trotoar yang saat ini masih berlangsung, bisa selesai tepat waktu,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER