Senin, 29 April, 2024

Jokowi: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hadiah dari Presiden MBZ

MONITOR, Solo – Ditengah persiapan perhelatan konferensi G20 di Nusa Dua Bali, Presiden Joko Widodo berkesempatan meresmikan sebuah masjid megah di kota Solo, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed.

Sekilas, masjid ini memiliki kesamaan nama dengan masjid agung Abu Dhabi yakni The Sheikh Zayed Grand Mosque. Namun kedua masjid ini memiliki ukuran yang berbeda.

Masjid megah ini memiliki empat menara, satu kubah utama, kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo juga bisa menampung 10.000 jamaah ini adalah replika The Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

“Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini merupakan hadiah dari Presiden Persatuan Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ),” ujar Jokowi usai peresmian, Senin (14/11/2022).

- Advertisement -

Presiden Mohammed Bin Zayed Al Nahyan sendiri datang menghadiri peresmian masjid yang berlokasi di area seluas lebih dari 3 hektare di Gilingan, Kecamatan Banjarsari itu.

Setelah diresmikan, masjid ini dibuka untuk masyarakat umum. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi tempat salat, pusat dakwah dan pendidikan Islam, sekaligus pusat destinasi wisata religi baru di Solo.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER