UMKM

UKM Kuliner ‘Mejeng’ di Pameran SIAL Interfood 2022

MONITOR, Jakarta – Untuk memperkuat akses ekspor produk usaha kecil menengah (UKM), Kementerian Perdagangan membawa produk-produk UKM berbasis makanan dan minuman (mamin) tampil dalam event pameran internasional Salon International de L’alimentation (SIAL Interfood) 2022.

Ekspor produk mamin Indonesia berkontribusi besar dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia.

Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi hari ini, Rabu (9/11/2022) di arena pameran. Gelaran SIAL Interfood 2022 diselenggarakan pada 9–12 November 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta.

Pameran internasional tahunan produk mamin ini ditargetkan diikuti lebih dari 1.000 peserta dan 50.000 pengunjung mancanegara seperti Malaysia, Belanda, Australia, dan Korea Selatan.

“Melalui SIAL Interfood 2022, mamin Indonesia terutama produk UKM, dapat merambah kancah internasional melalui kehadiran pengunjung dalam negeri maupun luar negeri di pameran ini,” kata Didi.

Didi menjelaskan, ekspor mamin Indonesia periode Januari─Agustus 2022 mencapai USD 3,49 miliar dengan negara tujuan ekspor utama yaitu Amerika Serikat, Filipina, Malaysia, Tiongkok, dan Singapura.

Nilai ini naik 12,49 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Ekspor ini didominasi produk makanan laut (seafood), wafer, kopi, buah nanas, dan mi instan.

Sedangkan pada 2021, ekspor produk mamin sebesar USD 4,97 miliar dengan tren pertumbuhan sebesar 8,02 persen pada lima tahun terakhir (2017─2021). Tiga provinsi Indonesia yang menjadi penyumbang terbesar nilai ekspor mamin pada periode Januari─Agustus 2022 yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten.

“Pada pameran ini, Paviliun Kementerian Perdagangan yang bekerja sama dengan Arise+ Indonesia menampilkan produk dari delapan pelaku usaha UKM mamin Indonesia, yakni nasi liwet instan, sambel siap saji, tempe, makanan ringan organik, kopi, gula kelapa, minuman air kelapa, rempah, serta 21 produk Indikasi Geografis (IG) Indonesia. Paviliun Kementerian Perdagangan dapat dikunjungi di Hall B1, Nomor BH031,” imbuh Didi.

Recent Posts

DPR dan Kemenag Sepakat Percepat Pembentukan Ditjen Pesantren

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menyampaikan kesiapan Kementerian Agama mempercepat proses pembentukan Direktorat…

5 jam yang lalu

Moderasi Beragama Itu Dibutuhkan Sepanjang Masa

MONITOR, Serang - Moderasi beragama bukanlah proyek, tetapi perjuangan bagi seluruh bangsa Indonesia. Indonesia yang…

10 jam yang lalu

Setahun Pemerintahan Prabowo, Pengusaha UMKM Bangkit dengan Fasilitasi KUR

MONITOR, Jakarta - Memasuki setahun pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka,…

10 jam yang lalu

Kemenhaj RI dan Kemenhaj Saudi Tandatangani MOU untuk Penyelenggaraan Haji 2026

MONITOR, Jakarta - Kementerian Haji dan Umrah Republik Indonesia, resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan…

11 jam yang lalu

OMI 2025, Wamenag Banggakan Perkembangan Madrasah Masa Kini

MONITOR, Tangerang - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Romo Muhammad Syafi’i menegaskan bahwa pendidikan di madrasah…

12 jam yang lalu

Peminat Tinggi, Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta Siap Buka Program Doktor Advanced Islamic Religious Studies

MONITOR, Jakarta - Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyatakan kesiapan membuka Program Doktor (S3)…

14 jam yang lalu