Jumat, 19 April, 2024

Survei Indekstat: Ganjar Unggul dari Prabowo dan Anies

MONITOR, Jakarta – Lembaga Survei Indekstat Indonesia merilis survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam survei yang dilakukan pada 10-19 Oktober 2022, Indekstatbertanya kepada para responden, “jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini, dari nama calon berikut siapakah calon yang akan ibu/bapak/saudara pilih?”

Dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Ganjar menjadi yang paling tinggi dibandingkan Prabowo dan Anies.

Diketahui, elektabilitas Ganjar berada di angka 35,5 persen. Kemudian Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas 28,2 persen. Selanjutnya Anies di posisi ketiga dengan elektabilitas 24,7 persen.

- Advertisement -

Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri menduga Pilpres 2024 akan dilakukan dua putaran jika kompetisi dimulai hari ini. Pasalnya tidak ada yang lebih dari 50 persen.

“Nah, dengan angka ini, kita menduga tidak ada yang sampai 50 persen. Jadi kemungkinan akan ada dua putaran kalau sekarang dilakukan,” katanya.

Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER