Jumat, 29 Maret, 2024

Pengamat: Erick Thohir Punya Bekal Lengkap Dampingi Ganjar di 2024

MONITOR, Jakarta – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu menyita perhatian masyarakat meskipun pemilihan presiden (Pilpres) 2024 masih dua tahun lagi.

Bagaimana tidak, dalam setiap hasil dari lembaga survei turun nama Ganjar tidak pernah lepas dari tiga besar kandidat yang akan maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.

Menjadi pertanyaan berikutnya adalah, siapa yang akan jadi pendamping Ganjar Pranowo sebagai di Pilpres nanti. Beragam nama tokoh pun muncul, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kedua nama tersebut muncul lantaran memiliki elektabilitas di ranah cawapres yang lumayan tinggi.

- Advertisement -

Namun, menurut pengamat politik Usep S. Achyar jika dilihat lebih mendalam Erick Thohir memiliki bekal lengkap dibanding Kang Emil.

“Erick Thohir memiliki banyak bekal untuk mendamping kandidat capres nanti termasuk Ganjar,” ujar Achyar.

Di antaranya adalah memiliki hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri dan mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf 2019 lalu.

Oleh karena itu menurut Achyar, Erick Thohir bakal mendulang limpahan suara dari pendukung Jokowi.

Erick Thohir sebagai menteri juga mempunyai ruang lingkup yang lebih luas untuk menghimpun suara, mulai dari Aceh hingga Papua.

Ini karena sosok Erick yang merupakan orang luar pulau Jawa sehingga nantinya bisa melengkapi Ganjar yang merupakan pemimpin dari pulau Jawa.

“Pak Erick Thohir yang juga pemimpin luar pulau Jawa dan memiliki scope nasional juga menjadi perhatian masyarakat serta melengkapi capres Pulau Jawa,” tutur Achyar.

Direktur Riset Populi Center ini juga menyatakan Erick Thohir memiliki pengalaman memimpin untuk membantu presiden. Terbukti, Kementerian BUMN kini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, untuk urusan logistik, Ganjar dinilai tidak akan bermasalah jika jadi berpasangan dengan orang nomor satu di Kementerian BUMN ini.

“Ganjar juga tidak akan mendapatkan kendala terkait logistik jika berpasangan dengan Erick Thohir,” imbuhnya.

Sedangkan Ridwan Kamil dinilai kurang melengkapi lantaran hanya memiliki suara yang terpusat di pulau Jawa, khususnya Jawa Barat.

Itu pun harus berbagi suara dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang punya basis suara kuat di Jawa Barat.

“Suara Ridwan Kamil tidak menyebar tapi hanya di Jabar. Sedangkan Pak Prabowo besar kemungkinan akan maju, nah suara ini akan lari kemana? Mungkin tidak Ridwan Kamil mempertahankan suaranya di Jabar,” pungkas Achyar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER