Jumat, 19 April, 2024

Sandiaga Uno Semangati Pelaku UMKM Bisa Terangi Resesi Ekonomi

MONITOR, Jakarta – Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi isu resesi ekonomi yang akan terjadi tahun depan. Sebab dikatakan Sandiaga, hal itu bisa berdampak pada UMKM.

Menurut Sandiaga, hal tersebut dapat dilalui dengan cara mencari penerang, dengan semangat isu resesi akan dapat dilalui namun tetap waspada.

“Bisa disimpulkan bahwa disaat resesi ekonomi gelap. Banyak ketidakpastian, penerangnya adalah kemampuan kita untuk 4 As, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” kata Sandiaga, Kamis (3/11/202).

“Ini disandingkan dengan semangat 3G, gercep kita harus gerak cepat mengambil peluang, geber kita harus mampu bergerak bersama, dan gaspol garap semua potensi termasuk potensi online untuk menciptakan peluang usaha bersama UMKM lainnya,” lanjut Sandiaga.

- Advertisement -

Selain itu, Sandiaga menjelaskan tentang cara negosiasi dan presentasi cepat namun menarik kepada pelaku UMKM. Sandiaga menjelaskan, dalam hal bernegosiasi harus ada konsep ‘3 Si’ yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Saya berikan konsep, yang pertama ‘3 Si’, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Negosiasi itu bisa cepat, bisa memikat kalau kita menguasai seluruh isu, jadi informasi yang diperlukan itu kita harus tahu dengan cepat dan super tepat. Kita juga harus mampu dikelilingi oleh orang-orang yang baik, kalau kita mau sukses, kita bergaulnya sama orang-orang sukses,” ujar mantan Wakil Gubernut DKI Jakarta tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER