Jumat, 19 April, 2024

PPP Ingin Usung Erick Thohir jadi Cawapres di Pilpres 2024

MONITOR, Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai melirik sosok Erick Thohir untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Melalui Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, PPP menyatakan siap mengusung Erick Thohir sebagai cawapres. Pernyataan Arsul itu pun disambut meriah para kader PPP yang berkumpul dalam acara Seminar Nasional & Temu Tokoh Perempuan Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Saat itu Arsul dan Erick Thohir hadir sebagai narasumber dalam acara bertajuk ‘Optimalisasi Peta Jalan Gerakan Politik Perempuan Menuju Sukses Pemilu 2024’.

Setelah Erick memberikan pemaparan, Arsul memuji penjelasan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut. Arsul menilai Erick Thohir cocok menjadi capres atau cawapres.

- Advertisement -

“Yang terhormat, Mas Menteri BUMN, Mas Erick Thohir. Kalau dari apa yang tadi disampaikan singkat padat ini saya kira cocok jadi capres atau cawapres ini,” kata Arsul.

“Ini saya mau tanya ini, kira-kira kalau PPP usung sampeyan ini setuju, nggak?” tanya Arsul ke Erick yang disambut suara riuh para kader di lokasi.

“Setuju,” jawab peserta acara.

Arsul juga mengaku secara terang-terangan nama Erick memang muncul masuk dalam bursa capres di koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dihuni PPP, PAN dan Golkar.

“Jadi kalau Pak Erick satulah, saya enggak mau bilang eksklusif nanti enggak baik. Satu di antara nama yang dalam di koalisinya PPP saat ini KIB kita ajukan sebagai capres atau cawapres setuju enggak?” ujar Wakil Ketua MPR itu.

Kendati demikian, KIB disebutnya belum membahas pasangan capres dan cawapres yang akan diusung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. PPP juga menghormati mekanisme pengusungan dari Partai Golkar dan PAN.

Di sisi lain, PPP juga disebut memiliki mekanisme sendiri dalam pengusungan pasangan calon (paslon).

“Pada saatnya paslon presiden dan wapres, tentu PPP juga akan melibatkan dan mendengarkan suara perempuan. Karena memang itu bagian dari mekanisme yang kita tekankan dalam Mukernas,” ujar Wakil Ketua MPR itu.

Kehadiran Erick Thohir dalam sejumlah agenda kegiatan partai anggota KIB memberikan sinyal kuat dukungan untuk kandidasi Pilpres 2024. Erick Thohir disebut akan menjadi cawapres yang akan diusung KIB untuk dipasangkan dengan capres pilihan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER