Jumat, 29 Maret, 2024

Menkes Budi Laporkan 178 Pasien Gagal Ginjal Meninggal

MONITOR, Jakarta – Perkembangan kasus gagal ginjal akut pada kalangan anak-anak Indonesia kini mencapai 325 kasus. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, dari total keseluruhan kasus, sebanyak 178 pasien dilaporkan meninggal dunia.

“Data per kemarin yang kita bisa monitor ada 325 kasus ginjal akut di seluruh Indonesia dan memang ada konsentrasi di beberapa provinsi tertentu, terutama di daerah Sumatera Utara, daerah Jawa bagian barat, bagian timur, dan juga daerah Sulawesi Selatan,” ujar Budi Gunadi saat rapat bersama Komisi IX DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Dijelaskan Budi, total kasus dan jumlah pasien gagal ginjal akut yang meninggal dunia mengalami penurunan yakni sebesar 54% dari sebelumnya 60%.

Budi menjelaskan, wilayah DKI Jakarta merupakan lokasi sebaran kasus tertinggi, disusul Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten.

- Advertisement -

Diketahui, saat ini pemerintah sudah mendapatkan hibah obat gagal ginjal yang didatangkan dari Jepang. Sebanyak 200 obat tersebut akan didistribusikan ke pusat farmasi di penjuru daerah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER