Selasa, 7 Mei, 2024

Ganjar dan Anies Lebih Populer di Kalangan Berpendidikan Tinggi

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sosok calon potensial yang meraup dukungan publik dari kalangan berpendidikan tinggi untuk berlaga di Pilpres 2024. Data ini merupakan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang dilakukan awal bulan Oktober 2022.

Data SMRC menunjukkan, tingkat keterpilihan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 berdasarkan pendidikan pemilihnya, ternyata lebih unggul dibandingkan calon lainnya. Dalam survei ini, sosok potensial lainnya yang dimaksud yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Proporsi pemilih Ganjar lebih besar pada pemilih dengan jenjang pendidikan SMA/pendidikan tinggi ketimbang pemilih berpendidikan SMP ke bawah.

“Pemilih berpendidikan SMA ke atas, Ganjar dipilih sekitar 31 persen, sementara yang berpendidikan SMP ke bawah sebesar 26 persen,” kata Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam paparannya, belum lama ini.

- Advertisement -

Tak hanya Ganjar, rupanya pemilih dengan tingkat pendidikan SMA keatas menyukai mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan jumlah 27 persen. Adapun pemilih Anies dengan tingkat pendidikan SMP ke bawah, yakni 20 persen.

Dijelaskan Saiful, popularitas Ganjar dan Anies meroket semenjak keduanya menjadi tokoh publik dengan menjabat sebagai Kepala Daerah di wilayahnya masing-masing.

“Tapi menjelang pemilihan umum, mereka masuk menjadi tokoh nasional. Setidaknya dalam pemberitaan,” terangnya.

Diketahui, survei ini merupakan observasi penelitian SMRC selama dua tahun terakhir dengan melibatkan 8.319 responden.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER