Rabu, 24 April, 2024

Bamsoet Sambut Hangat Rencana Kunjungan Presiden Iran

MONITOR, Bandung – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat rencana kunjungan Presiden Iran ke Indonesia. Diketahui, Presiden Iran akan mengunjungi Indonesia sekitar Januari atau Februari 2023.

Mantan Ketua DPR RI ini juga mengapresiasi peran delegasi Iran yang selama ini berperan aktif mendukung gagasan MPR RI membentuk Consultative Assembly Forum, sebuah Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat, Majelis Syuro, Majelis Syuyukh, atau Lembaga Parlemen Sejenis Lainnya.

“Kerjasama dalam pembentukan Consultative Assembly Forum ini semakin menguatkan kerjasama antara Indonesia dengan Iran yang selama ini terfokus pada peningkatan diplomasi ekonomi,” ujar Bamsoet usai menerima delegasi Iran dalam Konferensi Internasional Majelis Permusyawaratan Rakyat, Majelis Syuro, Majelis Syuyukh, atau Lembaga Parlemen Sejenis Lainnya, di Bandung, Rabu (26/10/22).

Tercatat nilai perdagangan kedua negara naik sepanjang dua tahun terakhir, dari sekitar 142 juta dolar AS pada tahun 2019 menjadi 216 juta dolar AS di tahun 2020. Bamsoet menjelaskan Iran dan Indonesia juga dapat bekerjasama menjadi jembatan bagi dua pasar besar ASEAN dan ECO (Economic Cooperation Organization) yang mencakup negara-negara seperti Azerbaijan, Afghanistan, Iran, Kazakhstan, Kirgistan, Pakistan, Turki, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

- Advertisement -

Diketahui, dalam kesempatan itu delegasi Majelis Permusyawaratan Islam Republik Islam Iran yang hadir antara lain, Ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Dr. Abolfazl Amoei, dan Anggota Majelis Mr. Dr.Ebrahim Rezaei.

Hadir pula Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia Mr. Dr.Mohammad Khoush Heikal Azed. Serta para pimpinan MPR RI antara lain, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER