Jumat, 26 April, 2024

Budidaya Ikan Belida Terus Dikembangkan di Depok

MONITOR, Depok – Upaya budidaya komoditas ikan lokal jenis Belida Jawa yang sedang dikembangkan Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok, memasuki proses pematangan Gonad. Gonad atau kelenjar reproduksi adalah kelenjar endokrin yang menghasilkan gamet dari suatu organisme.

“Ya, sedang proses gonad, baik betina maupun jantan. Pada betina dari spesies sel-sel reproduksi adalah sel telur dan pada jantan sel-sel reproduksinya adalah sperma. Jadi betina dan jantan sudah siap memijah,” kata Kepala UPTD BBI Kota Depok Nur Hidayat, dikutip Rabu (26/10/2022).

Dikatakannya, pihak BBI telah melakukan sejumlah persiapan, seperti mempersiapkan kolam pemijahan. Rencananya, minggu depan siap untuk dilakukan pemijahan.

“Kami bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Teman-teman dari BRIN ini juga mulai mempersiapkan sampling untuk proses pemijahan. InsyaAllah minggu depan sudah bisa kita mulai,” terangnya.

- Advertisement -

Untuk pasokan Belida Jawa ini, lanjut Nur, pihaknya mendatangkan dari tiga sumber. Di antaranya, dari Cijeruk Bogor, Rawa Pening Ambarawa, Kabupaten Semarang dan Kalimantan.

“Setelah dipijah, 24 jam kemudian mulai bertelur. Mudah-mudahan percobaan pemijahan minggu depan, berhasil,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ikan hias dan konsumsi tersebut dipilih karena keberadaannya yang terancam punah. Selain itu, ikan jenis ini memiliki harga jual yang mampu bersaing di pasar internasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER