Sabtu, 4 Mei, 2024

Luhut Senang Danau Toba jadi Tuan Rumah Kompetisi F1H20

MONITOR, Jakarta – Dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, nilai indeks pariwisata berkualitas Danau Toba paling rendah dibandingkan dengan empat destinasi pariwisata super prioritas lainnya.

Data tersebut disampaikan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Atas dasar penilaian itu, kata Luhut, peningkatan indikator pariwisata berkualitas di Danau Toba mutlak dilakukan.

“Untuk itu dalam kurun waktu tiga bulan lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi F1H20 pada tahun 2023 mendatang,” ucap Luhut Binsar.

Dijelaskan Luhut, kompetisi kelas dunia ini akan dilangsungkan di Danau Toba dan akan menjadi ajang F1H2O pertama yang diselenggarakan di danau vulkanik terbesar di dunia.

- Advertisement -

“F1H2O merupakan kejuaraan dunia PowerBoat terkemuka yang sudah terselenggara di 39 negara sejak tahun 1984. Beberapa negara yang telah menjadi tuan rumah kejuaraan F1H2O, antara lain Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, dan Cina,” terang Luhut.

Luhut pun memastikan segala persiapan untuk mematangkan kegiatan ini seperti infrastruktur serta fasilitas penunjang lain akan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan daya tarik wisatawan agar dapat berkunjung menyaksikan event kelas dunia ini.
“Karenanya, saya meminta kepada seluruh Kementerian, Lembaga dan Forkompimda terkait untuk fokus dan dapat bekerjasama dengan baik dalam menuntaskan pekerjaan besar ini,” pungkasnya.

Dengan adanya gelaran kompetisi power boat level dunia seperti F1H2O, Luhut berharap dapat sekaligus mempromosikan panorama alam Danau Toba sehingga akan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi daerah dan masyarakat lokal sekitar destinasi wisata.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER