Jumat, 26 April, 2024

Politikus Gerindra Soroti Carut Marutnya Manajemen Sepakbola

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid prihatin atas kabar duka bagi dunia olahraga, yakni tragedi Kanjuruhan. Politikus Gerindra ini menyoroti manajemen klub bola dan penyelenggaraan acara yang digelar 1 Oktober 2022 tersebut.

Apalagi, jumlah korban di Stadion Kanjuruhan Malang ini diketahui melebihi jumlah korban tragedi sepak bola di Liverpool.

“Peristiwa ini, selain harus diusut dari sisi medis dan keamanan juga harus dijadikan hajaran, bukan pelajaran, yang berat, untuk penataan ulang yang mendasar tentang manajemen penonton dan manajemen pendukung suatu klub sepakbola,” ujar Sodik dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/10/2022).

Mengenai penanganan kasus ini, ia pun mengimbau semua pemangku kepentingan di sepak bola mulai dari pakar, praktisi, tokoh sosiolog, manajemen massa, hingga tokoh masyarakat, harus dilibatkan.

- Advertisement -

“Dimulai soal semangat kebangsaan, persatuan Indonesia, budaya bhineka tunggal ika, sampai pendekatan model fans klub moderen seperti pendukung klub moderen di negara maju. Jika tidak ada perubahan yang fundamental mendasar, akan menggangu banyak hal seperti prestasi sepak bola, prestasi klub bahkan sampai kepada sangsi dan kepercayaan FIFA kepada PSSI,” cetusnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER