Minggu, 27 November, 2022

Turun ke Sawah, Puan Kagum Lihat Metode Tanam Petani Badung

MONITOR, Badung – Ketua DPR RI Puan Maharani turun menemani para petani di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, untuk bercocok tanam. Mengenakan busana warna hitam, Puan terlihat bersemangat melakukan kegiatan tanam tersebut.

Di lokasi, Puan mengaku mempelajari metode baru bertanam dari para petani setempat. Sebab dikatakan dia, metode bertanam petani Badung berbeda dengan metode tanam petani di daerah lain, misalnya di Sumatera.

“Saking kaya rayanya Indonesia, beda daerah beda cara menanam padinya. Di sini di Desa Adat Sedang, Abiansemal, Kab Badung, sawahnya dibikin kotak-kotak segi empat dulu sebelum ditanam. Di daerah Jawa Timur dibikin garis lurus, di Sumatera berbeda lagi,” ujar Puan Maharani.

“Saya baru tahu para petani di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali menanam dengan cara yang berbeda. Di sini area tanam padi dibentuk segi empat, yang di tengah kotaknya harus diinjak. Tingkat basah lahan juga berbeda, dan makin ke depan ternyata tanahnya semakin dalam,” terang Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

- Advertisement -

Mantan Menko PMK RI ini pun berkesempatan menanam padi jenis Inpari-32 yang bisa menghasilkan 7-9 per ton beras per hektarnya. Padi varietas ini bisa dipanen 3 sampai 4 kali dalam setahun.

“Bersama Ibu Ni Nyoman Budiasih dan para petani lainnya, saya ikut menanam padi jenis Inpari-32 yang bisa menghasilkan 7-9 per ton beras per hektarnya,” ungkap Puan Maharani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER