Selasa, 29 November, 2022

Cak Imin: Pemilu 2024 Harus Diisi dengan Politik yang Berkualitas

MONITOR, Jakarta – Pemilihan umum (pemilu) harus menjadi agenda bersama, sehingga seluruh elemen mulai dari partai politik, akademisi, dan masyarakat sipil secara umum dengan tujuan tercapainya pemilu yang berkualitas. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar.

Muhaimin, atau Cak Imin, menyatakan adanya perdebatan dan perbedaan pandangan tak menjadi masalah, asal tetap pada substansi.

“Kita harus mengisi Pemilu 2024 dengan politik yang lebih berkualitas, tidak mengulang politik lima tahun yang lalu di mana konflik kompetisi menjadi perpecahan yang sangat mengkhawatirkan,” ujar Cak Imin dalam keterangan persnya, Rabu (28/9/2022).

Ketua Umum PKB ini pun bersyukur lantaran bangsa Indonesia memiliki modal yang luar biasa bernama demokrasi. Ia menilai demokrasi yang diterapkan di Indonesia mulai 1998 adalah hasil kerja keras bangsa untuk membangun sistem yang menjadikan bagian dari kesadaran baru untuk mengubah diri menjadi lebih baik dari era otoritarianisme menjadi era demokrasi.

- Advertisement -

“Demokrasi inilah modal utama yang dahsyat, yang harus kita jaga, demokrasi hari ini penuh tantangan yang tidak mudah, demokrasi hari ini mengalami penguatan dan pendewasaan yang perlu terus kita pupuk sehingga benar-benar menjadi sistem yang bermanfaat sesuai dengan tujuan, agenda dan amanah dari kelahiran kita sebagai sebuah bangsa. Demokrasi untuk keadilan, demokrasi melahirkan kemakmuran dan kesejahteraan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER