Senin, 26 September, 2022

Wacana Penghapusan Subsidi Listrik Ditolak, Menteri ESDM: Sensitif!

MONITOR, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan wacana penghapusan dan pengalihan dinilai kurang tepat diimplementasikan saat ini.

Apalagi peningkatan ke daya listrik 900 VA berpotensi meningkatkan penggunaan listrik yang selaras dengan peningkatan biaya.

“Kalau daya listrik naik pasti akan ada dampaknya. Otomatis pembayarannya yang mengikuti 900 VA. Nah itu kan enggak jelas, apalagi dikemukakan pada saat-saat seperti ini. Jadi sensitif,” ucap Arifin dikutip dari laman Kementerian ESDM, Selasa (20/9/2022).

Senada dengan Menteri ESDM, Presiden Joko Widodo juga sebelumnya menegaskan pemerintah tidak akan menghapus subsidi golongan listrik 900 VA. Jokowi bahkan menyayangkan isu tersebut sudah membuat masyarakat resah.

- Advertisement -

Untuk diketahui, PT PLN (Persero) melakukan penyesuaian tarif tenaga listrik kepada pelanggan rumah tangga mampu nonsubsidi golongan 3.500 VA ke atas. Hal tersebut tertuang dalam Surat Menteri ESDM No. T-162/TL.04/MEM.L/2022 tanggal 2 Juni 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (periode Juli–September 2022).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER