Jumat, 26 April, 2024

Puan Maharani: Kebocoran Data Milik Rakyat Jangan Diabaikan

MONITOR, Jakarta – Kebocoran data pribadi warga negara Indonesia menyita perhatian Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ia sangat berharap Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Data yang dibentuk pemerintah dapat menyelesaikan masalah kebocoran data dan kejahatan siber secara menyeluruh.

“Kami harapkan Satgas Perlindungan Data yang dibentuk pemerintah dengan melibatkan sejumlah kementerian/lembaga bisa menyelesaikan kasus-kasus kebocoran data secara menyeluruh. Jadi jangan hanya untuk menyelesaikan kebocoran data dari peretas Bjorka, tapi semuanya,” ujar Puan Maharani dalam keterangan persnya, Kamis (15/9/2022).

Diketahui sebelumnya, hacker yang mengatasnamakan Bjorka telah membocorkan data milik sejumlah instansi dan pejabat negara. Adapun data yang diklaim telah dibocorkan mulai dari proses registrasi kartu SIM Card, situs Komisi Pemilihan Umum, hingga surat-menyurat milik Presiden.

“Masalah kebocoran data sebenarnya kan sudah masif terjadi sebelum ini. Masalah kebocoran data juga bukan hanya menyangkut keamanan negara, tapi juga sudah tidak terhitung lagi data pribadi warga yang dibocorkan,” tukas Puan.

- Advertisement -

Selain itu, Puan mendorong agar Satgas Perlindungan Data melakukan investigasi besar-besaran. Sebab kata dia, data-data masyarakat yang bocor menyangkut identitas pribadi.

“Kita tidak bisa hanya fokus pada data-data milik negara saja, tapi mengabaikan kebocoran data pribadi rakyat,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER