Categories: BERITA

Peneliti: Harus Ada Penanganan Khusus Generasi Sandwich

MONITOR, Jakarta – Peneliti Litbang Kompas Advent Krisdamarjati mengatakan, Litbang Kompas menemukan fakta dari jajak pendapat bahwa generasi Y dan Z menjadi satu kelompok masyarakat yang dominan sebagai generasi sandwich. 

“Generasi sandwich ini mencapai 56,7 juta. Mereka kebanyakan menjalankan kerja sampingan untuk tambahan dalam memenuhi kebutuhan. Mereka menanggung beban ganda dalam mempersiapkan finansialnya untuk hari tua,” kata Advent.

Dalam jajak pendapat itu, Litbang Kompas juga menemukan fakta bahwa generasi sandwich wajib dan wajar memikul beban orang tua. Fenomena generasi sandwich saat ini sudah berlangsung empat generasi.

“Namun, sebagian merasa hal ini sangat membebani mereka. Sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan atau mengejar cita-cita mereka sendiri karena lebih banyak biaya yang dikeluarkan bukan untuk kebutuhan mereka sendiri,” katanya.

Apa yang dialami usia produktif ini, kata Advent, cukup membahayakan bagi keberlanjutan bonus demografi Indonesia, karena mereka terlalu sibuk dan kewalahan untuk membiayai yang bukan menjadi tanggung jawab sesungguhnya.

“Dari sinilah sebenarnya menjadi rambu-rambu, bahwa harus segera dilakukan penanganan yang nyata untuk membantu mereka,” katanya.

Pertama dari segi lingkungan keluarga atau individu dengan memberikan kemandirian edukasi tentang kemandirian finansial seperti menabung.

Kedua mendorong komunitas yang ada untuk membantu lingkungan keluarga dengan memberikan edukasi dan bimbingan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan seperti mempersiapkan perkawinan secara mental dan kesehatan dengan benar.

“Terakhir perlu ada penanganan untuk memutuskan lingkaran dengan pola finansial atau memperkuat jaminan sosial. Disinilah peran pemerintah dalam mengambil kebijakan, karena bisa jadi daya beli mereka melemah,” pungkasnya.

Recent Posts

Selamat Jalan Bang As’ad Sang Penolong dan Pribadi Hangat

MONITOR, Banten - Bang As'ad, demikian kami adik-adik pergerakan memanggilnya. Bernama lengkap Prof. Dr. As'ad,…

1 jam yang lalu

Inilah Enam Solusi AI Terbaik Milik BigBox

MONITOR, Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan pasar terkait penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), PT Telkom Indonesia (Persero)…

1 jam yang lalu

Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR 2024-2029, Puan Bacakan Ikrar Kesaktian Pancasila

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI periode 2019-2024 Puan Maharani didaulat membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila…

2 jam yang lalu

Berbagai Upaya DPR 2019-2024 Perkuat Politik Luar Negeri Lewat Diplomasi Parlemen

MONITOR, Jakarta - Selain memiliki fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan, DPR RI memiliki fungsi tambahan…

2 jam yang lalu

DPR Klaim Banyak Capaian Bidang Keagamaan

MONITOR, Jakarta - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi menyampaikan terima kasih atas jalinan sinergi…

2 jam yang lalu

Mahasiswi UIN Jakarta Berpartisipasi Proyek Riset Virus Dengue di Universitas Malaysia

MONITOR, Jakarta - Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amanda Farras…

5 jam yang lalu