Rabu, 28 September, 2022

Politikus PKS Wanti-wanti Data Vaksinasi Jangan Sampai Bocor

MONITOR, Jakarta – Dugaan bocornya data vaksinasi sejumlah pejabat publik menuai sorotan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati. Ia mengingatkan agar data pengguna dan data kesehatan di aplikasi Peduli Lindungi dijaga secara maksimal.

“Diakui Kominfo benar ada data yang tersebar meski disebut bukan data terbaru. Tapi bagaimanapun berarti diakui ada kebocoran data dan ini yang tengah mengancam kebocoran data di bidang kesehatan,” ujar Kurniasih dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Diketahui sebelumnya, pihak Kemenkes membantah data Peduli Lindungi bocor dan menyebut 60 juta data yang hilang adalah data pengguna yang tidak lagi memakai Peduli Lindungi.

“Dengan dugaan kebocoran data vaksinasi sejumlah pejabat akhirnya kita bertanya, apakah data tersebut dari Peduli Lindungi? Menjadi tidak relevan lagi sikap denial dan retorika tapi yang penting adalah langkah konkret pengamanan data,” jelasnya.

- Advertisement -

Legislator dari Fraksi PKS ini mengungkapkan, data kesehatan bersifat rahasia. Terlebih, Kemenkes baru saja mengintegrasikan data rekam medik pasien di Peduli Lindungi. Artinya ada data riwayat kesehatan pasien yang bersifat rahasia tengah diintegrasikan dalam satu platform Peduli Lindungi.

“Data rekam medik adalah data rahasia, hanya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang bisa mengakses data tersebut. Sehingga setelah data rekam medik diintegrasikan ke Peduli Lindungi ada pekerjaan tambahan terkait pengamanan data secara maksimal,” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER