Rabu, 28 September, 2022

Fadli Zon: Kominfo dan BSSN Harus Terdepan Cegah Hacker

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menyayangkan terjadinya kasus peretasan data milik lembaga negara hingga menimpa pejabat publik. Ia menilai keamanan data siber milik negara sangat lemah.

Fadli Zon mengatakan seharusnya Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi garda terdepan untuk mengamankan data siber tersebut.

“Harus ada auto kritik juga ya, beberapa institusi seperti Kominfo dan BSSN kan harusnya ikut menjadi Garda terdepan untuk mengamankan siber kita,” ujar Fadli Zon dalam keterangannya, Senin (13/9/2022).

Ketua BKSAP DPR RI ini menegaskan, di era digital saat ini menjadi sangat penting untuk setiap lembaga negara untuk mampu berlindung dari peretasan data yang membahayakan, apalagi yang sifatnya rahasia atau konfidensial.

- Advertisement -

“Bisa mengganti ganggu keamanan negara, dijual di darkweb dan sebagainya. Harus ada warning, apa yang dilakukan presiden (membentuk tim khusus atasi Bjorka) adalah salah satu keseriusan menanggapi ini tetapi seharusnya kementerian dan lembaga terkait harus intropeksi, jangan hanya melaporkan hal-hal yang baik tetapi sebenarnya tidak,” tukasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER