Sabtu, 1 Oktober, 2022

Terapkan Good Corporate Governance, Jasa Marga Raih Dua Penghargaan di Ajang TOP GRC Awards 2022

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang TOP GRC (Governance, Risk and Compliance) Awards 2022 yang mengusung tema “GRC Empowerment in Digital Era and Its Support to G20 Indonesia Presidency.”

Dua penghargaan yang diraih pada tahun ini merupakan penghargaan yang berhasil dipertahankan oleh Perusahaan di tahun-tahun sebelumnya, yaitu TOP GRC 2022 #4 stars untuk Perseroan dan The Most Committed GRC Leader 2022 untuk Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan dan Risk, Quality, Health, Safety & Environment Group Head Jasa Marga Devi Lusyana yang hadir mewakili Jasa Marga menerima dua penghargaan tersebut di Jakarta, pada Selasa (06/09). Agus mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Majalah TopBusiness kepada Jasa Marga.

“Penghargaan yang secara tiga tahun berturut-turut kami raih di ajang TOP GRC Awards ini membuktikan bahwa Jasa Marga berkomitmen dalam menerapkan GRC dalam menjalankan proses bisnis perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan. Saat ini meningkatnya aktivitas masyarakat yang selaras dengan peningkatan volume lalu lintas di jalan tol milik Jasa Marga Group, tentu pelayanan operasional dengan prinsip GRC terus kami jaga agar Standar Pelayanan Minimal di jalan tol terus berjalan secara optimal, sehingga masyarakat selalu merasa aman dan nyaman dalam perjalanannya” ujar Agus.

- Advertisement -

Penghargaan yang diperoleh Jasa Marga tersebut berdasarkan penilaian secara objektif dan independen dari dewan juri terhadap sistem, infrastruktur dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan di Perseroan. Hasil dari penilaian tersebut, Jasa Marga berada di tingkat Sangat Baik, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Di sisi lain, Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2022 M. Lutfi Handayani mengatakan, penganugrahan TOP GRC Awards merupakan salah satu bentuk dari pemberian nilai tambah bagi seluruh Perusahaan pemenang dan wadah untuk memberikan saran serta masukan dalam peningkatan implementasi GRC ke depannya.

“TOP GRC Awards 2022 bukan hanya sekedar ajang penghargaan, namun sekaligus sarana pembelajaran bagi kita semua yang terlibat di dalamnya untuk meningkatkan implementasi GRC dalam kegiatan niaga di Indonesia. Dalam tahap awal penjurian, ajang TOP GRC Awards 2022 diikuti lebih dari seribu perusahaan yang kemudian dilakukan penilaian terhadap kinerja dari penerapan GCG, manajemen risiko dan kepatuhan, yang dikaitkan dengan pencapaian sasaran dan kinerja bisnis perusahaan. Semua perusahaan terpilih telah melewati tahap penjurian serta wawancara dengan para juri tersertifikasi yang telah menandatangani pernyataan kode etik dewan juri, sehingga memiliki kapabilitas dan kredibilitas sekaligus independensi dalam melakukan penilaian GRC dari seluruh peserta,” ujar Lutfi yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness.

Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) Prof. Mardiasmo menyampaikan sejumlah hal, di antaranya bahwa dalam tiga dekade terakhir, GRC telah muncul sebagai respons terhadap perubahan besar, GRC juga terus tumbuh memperluas cakupan risiko.

“Di era digital saat ini makin banyak risiko baru yang sulit diantisipasi oleh perusahaan-perusahaan, maka GRC masuk ke fokus baru yakni fokus kepada pemantauan dan keberlanjutan. Pada saat ini, kita perlu memerhatikan ‘gas dan rem’ dalam akselerasi bisnis, dan dalam hal inilah GRC sangat berperan,” kata Mardiasmo.

TOP GRC Awards 2022 merupakan ajang penghargaan terkait penerapan GCG (Good Corporate Governance), GRC (Risk Management, dan Compliance) atau tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan di Perusahaan se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness bekerja sama serta didukung oleh sejumlah institusi diantaranya Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), dan beberapa konsultan GCG Manajemen Risiko dan Manajemen Kepatuhan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER