Sabtu, 1 Oktober, 2022

Ini Cara Anies Bebaskan Jakarta dari Emisi Gas Rumah Kaca

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan turut meluncurkan program Implementasi Aksi Iklim (Climate Action Implementation/CAI) dan proyek infrastruktur berkelanjutan yang dipimpin oleh C40 Cities Finance Facility (CFF), Selasa (6/9/2022).

Pada program yang bertajuk “Hospital Improvement for Just and Green Recovery (HIJGR) atau Peningkatan Rumah Sakit untuk Pemulihan yang Hijau dan Berkeadilan itu, Pemprov DKI Jakarta menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan aksi iklim prioritas dan untuk mengintegrasikan aksi iklim ke dalam rencana, proses, dan struktur kota.

“Pertama-tama kita akan memfokuskan pada rumah sehat, dengan membuat berbagai fasilitasnya menjadi lebih tangguh. Karena RS adalah salah satu fasilitas publik yang bekerja non stop 24 jam,” terang Anies Baswedan.

Anies menjelaskan, transformasi dibutuhkan agar RS lebih sustainable, baik sumber energinya, maupun pengelolaan limbahnya. “Transformasi yang kita lakukan dengan memanfaatkan best practices lewat jaringan C40,” jelasnya.

- Advertisement -

Orang nomor satu di Jakarta ini mengutarakan niatnya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di 28 Rumah Sakit (RSUD) milik Pemprov DKI Jakarta, yakni melalui penggunaan energi terbarukan (Solar PV system), dan langkah-langkah efisiensi energi di gedung-gedung rumah sehat.

“Kita bersyukur bisa bermitra dengan C40 dan Jakarta menjadi tempat program ini direalisasikan, harapannya bisa terus berkelanjutan,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER