Sabtu, 1 Oktober, 2022

Berdayakan Nelayan, Ma’ruf Amin Ajak Entaskan Kemiskinan

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan, di tahun 2022 ini, pemerintah menargetkan penurunan kemiskinan ekstrem pada 212 kabupaten/kota di 25 provinsi.

Dari target tersebut, jelas Ma’ruf, sebanyak 69,3% atau 147 kabupaten/kota merupakan wilayah pesisir, dengan total jumlah penduduk miskin ekstrem sebanyak 1,3 juta penduduk atau 12,5% dari total penduduk miskin ekstrem di Indonesia yang berjumlah 10,86 juta jiwa.

“Jika kita fokus membangun daerah pesisir melalui pemberdayaan nelayan, maka akan cukup signifikan mengurangi angka kemiskinan ekstrem,” ucap Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) 2022 secara virtual, Minggu (4/9/2022).

Untuk itu, dikatakan Ma’ruf, butuh upaya pemberdayaan melalui pendidikan dan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan, kemitraan usaha, kemudahan akses iptek dan informasi, serta penguatan kelembagaan.

- Advertisement -

Ma’ruf berharap SNNU dapat menyusun program kerja dengan melibatkan para nelayan, bukan semata-mata program yang dibentuk dan diturunkan dari serikat nelayan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER