Jumat, 29 Maret, 2024

Akusisi Saham Mayoritas Freeport, Erick Thohir: ini Komitmen Pemerintah!

MONITOR, Jayapura – Joko Widodo atau Jokowi adalah presiden pertama Indonesia yang sukses mengakuisisi saham mayoritas milik tambang emas terbesar, Freeport. Tentunya hal itu menjadi sejarah bagi Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan komitmen pemerintah tersebut saat kunjungannya ke PT Freeport Indonesia. Ia mendampingi Presiden Jokowi ke tambang Grasberg.

“Kunjungan ini bersejarah dan secara simbolis menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri untuk kepentingan seluruh masyarakat,” ujar Erick Thohir, Kamis (1/9/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

- Advertisement -

Ini juga menjadi kunjungan pertama Presiden ke tambang yang kini mayoritas telah menjadi milik Indonesia di Grasberg, rombongan Presiden berkeliling dan masuk ke dalam pertambangan Freeport serta menyaksikan pemaparan sejarah PT Freeport Indonesia.

“Tentu sejarah masa lalu telah dicatat dan tadi kebetulan kami menyaksikan pemaparannya. Dengan kerja keras, saya optimistis ke depannya sejarah baru Freeport Indonesia di bawah Mind Id akan semakin memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat Papua maupun Indonesia,” kata Erick Thohir.

Dalam kunjungannya, Presiden disambut oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dan salah satu komisarisnya, Richard Adkerson. Rombongan yang menempuh perjalanan darat ke lokasi tambang juga sempat mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER