Senin, 26 September, 2022

Ganjar Apresiasi Petani Berbagi Ilmu Sambil Pameran di Semarang

MONITOR, Jakarta – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Semarang menggelar pameran. Pameran tersebut memamerkan produk dari hasil tani secara mandiri.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi kreativitas dari KTNA. Bahkan Ganjar Pranowo berharap pameran tersebut untuk digelar secara berkelanjutan dan menjadi wadah promosi hasil pertanian.

“Caranya kreatif meskipun skalanya kecil. Ini bisa dilakukan terus dan berulang sehingga nanti kalau ini dikenal orang lain, pembeli dapat melihat, dan petani saling berbagi ilmu,” kata Ganjar usai membuka Expo KTNA di Pasar Bunga Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (24/8/2022).

Menurut Ganjar, kreativitas itu dapat dilihat dari berbagai produk pertanian yang dipamerkan.

- Advertisement -

Mulai dari produk pangan seperti buah-buahan, sayuran, pembibitan, sampai pada produk olahan dan pupuk buatan.

“Mereka menampilkan produk-produk yang bagus, termasuk yang organik. Ternyata mereka bisa membuat enzim sendiri, bisa bertanam sendiri. Ini butuh pendampingan. Hari ini secara mandiri mereka memamerkan produknya,” kata Ganjar didampingi Bupati Semarang Ngesti Nugraha.

Meskipun para petani telah mampu membuat pameran secara mandir tetapi itu dinilai belum cukup.

Menurut Ganjar harus ada tindak lajut dari gerakan yang dilakukan oleh para petani itu.

Salah satunya adalah pendampingan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan persoalan yang masih mereka hadapi.

“Setelah ini kita follow up, kita bantu apa problem mereka. Biasanya akan dihadapkan masalah packaging dan membesarkan skala usaha. Kita dampingi mereka untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER