Jumat, 26 April, 2024

Warganya Kontak Erat dengan Pasien Cacar Monyet, Ini Respon Dinkes Depok

MONITOR, Depok – Dua warga Kota Depok yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien cacar monyet atau monkeypox asal DKI Jakarta dinyatakan negatif. Hasil tersebut diketahui setelah keduanya menjalani pemeriksaan dan pemantauan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, Dinkes Depok tidak dilibatkan dalam pemantauan kasus cacar monyet tersebut. Karena, pemeriksaannya langsung dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinkes DKI Jakarta.

“Kami dari Dinkes tidak dilibatkan untuk pemantauan, seluruh prosesnya dilakukan langsung Kemenkes dan Dinkes DKI Jakarta,” katanya kepada wartawan Kamis (25/08/2022).

Mary melanjutkan, pihaknya juga tidak diberikan informasi data warga, baik nama maupun tempat tinggalnya. Kendati demikian, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit cacar monyet.

- Advertisement -

Upaya yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi kepada masyarakat. Mulai dari website, media sosial, hingga secara langsung agar masyarakat mengetahui gejala, penyebab, dan penyebarannya.

“Terus diingatkan agar masyarakat tidak panik dengan informasi yang ada sesuai pesan dari Kementerian Kesehatan,” tambahnya.

“Juga kami minta untuk memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sebab, ini penyakit yang penularannya melalui kontak langsung,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER