Minggu, 2 Oktober, 2022

Ma’ruf Amin: Tren Keuangan Syariah di Indonesia Membanggakan

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyatakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia cukup membanggakan. Hal itu bahkan mendapatkan rekognisi dari dunia internasional.

Data diatas sebagaimana tercatat dalam State of The Global Islamic Economy Report 2022 bahwa Indonesia dinilai siap menjadi pendorong utama pertumbuhan dan inovasi ekonomi syariah.

“Di satu sisi, kita memiliki potensi demografi, yaitu populasi muslim terbesar di dunia,” ucap Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutan dalam peresmian Topping Off Menara Syariah di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

Di sisi lain, kata dia, penilaian ini tentu juga tak lepas dari berbagai capaian dan langkah strategis yang telah diambil Pemerintah, diantaranya melalui pembentukan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), pengelolaan dana haji, serta dukungan terhadap layanan keuangan syariah berbasis teknologi, asuransi syariah/takaful, dan manajemen aset.

- Advertisement -

Bahkan, menurutnya Indonesia saat ini telah menjadi penerbit sukuk terbesar di dunia. Hal tersebut tentu harus disyukuri.

“Kita juga patut bersyukur bahwa industri keuangan syariah di Indonesia turut menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi bangsa pascapandemi,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER