Senin, 26 September, 2022

PDIP Dorong Pemerintah Siapkan Vaksin Cacar Monyet

MONITOR, Jakarta – Kasus cacar monyet untuk pertama kalinya sudah ditemukan di Jakarta. Menyebarnya virus menular ini menjadi perhatian kalangan anggota dewan.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo pun mendorong pemerintah untuk menyiapkan vaksin cacar monyet. Hal itu sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit.

“Saya kira, nantinya wilayah yang beresiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini tidak semakin luas. Artinya, kita harus siapkan kuda-kuda dengan melakukan vaksinasi, karena vaksin 85 persen ke atas bisa memberikan perlindungan dari penyakit ini,” ujar Rahmad dalam keterangannya, Senin (22/08/2022).

Politikus PDI Perjuangan ini menyatakan, pemerintah juga perlu melakukan edukasi pola hidup sehat sebagai langkah pencegahan agar terhindar dari berbagai penyakit menular, termasuk Covid-19 dan cacar monyet.

- Advertisement -

Ia pun mengimbau apabila ada warga masyarakat yang mengalami tanda-tanda yang mengarah kepada cacar monyet, yang bersangkutan harus segera melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan. Selain itu, masyarakat tidak perlu takut dan panik.

“Terkonfirmasinya cacar monyet ini jangan sampai menimbulkan kepanikan. Tapi ya, marilah kita berusaha sekuat tenaga melakukan berbagai upaya nyata agar wabah ini jangan sampai meluas,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER