Rabu, 28 September, 2022

Ini Makna Baju Dolomani Adat Buton yang Dipakai Jokowi

MONITOR, Jakarta – Baju adat yang dipakai Presiden Joko Widodo dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi selalu menyita perhatian. Dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI kali ini, Presiden memilih baju adat Dolomani asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi kepada awak media di Istana, Rabu (17/8/2022).

Dilansir dari berbagai referensi, Dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi Kesultanan Buton.

Umumnya pakaian adat ini berwarna hitam, namun Presiden Jokowi mengenakan pakaian tersebut dengan nuansa merah putih.

- Advertisement -

Adapun makna baju adat Buton ini melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Terdapat motif bunga rongo yang menghiasi, yang menggambarkan bagaimana seorang pemimpin meraih posisinya dari bawah, naik jadi pemimpin, lalu akan turun kembali jadi rakyat biasa.

Sebagai informasi, pada HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Presiden Jokowi memilih pakaian adat Aceh. Kemudian pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali.

Setelah itu, pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo. Adapun pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER