Rabu, 28 September, 2022

Kampanye di Kampus, PAN: Pendidikan Politik bagi Mahasiswa

MONITOR, Jakarta – Wacana kampanye politik di lingkungan kampus mendapat sambutan positif dari Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki. Menurut Legislator dari Fraksi PAN ini, kampanye politik di kampus dapat menjadi sebuah pendidikan politik yang baik bagi para mahasiswa.

Dikatakan Zainuddin, apalagi indikator pemilu yang berkualitas juga ditentukan oleh keberhasilan pendidikan politik di tengah masyarakat.

“Saya mendambakan pemilu tahun 2024 nanti menjadi pemilu yang berkualitas. Salah satu indikatornya pemilu 2024 itu berkualitas adalah bisa menjadi pendidikan politik bagi semuanya. Oleh karena itu jika undang-undang, atau aturannya mengizinkan kampanye di dalam kampus, saya melihat hal itu langkah yang sangat baik dalam rangka edukasi,” ujar Zainuddin Maliki kepada awak media, di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Dengan adanya kampanye di dalam kampus, kata Zainuddin, maka akan muncul pikiran-pikiran, serta gagasan-gagasan akademis yang tentunya didasarkan pada kajian-kajian akademik.

- Advertisement -

Menurutnya, hal itu tentu akan memberi sumbangan bagi upaya dalam menjadikan pemilu yang berkualitas, pemilu yang bisa dijadikan pendidikan politik.

“Selama ini pemilu kita melahirkan pembelahan di masyarakat, baik horizontal maupun pembelahan secara vertical. Saya tidak ingin hal itu terulang kembali. Saya ingin satu pemilu yang bisa dijadikan pernikahan politik, serta pemilu yang bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang kuat, the strong leader,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER