Rabu, 10 Agustus, 2022

Bersama Dinsos Depok, Sinergi Foundation Bagikan Alat Bantu Disabilitas

MONITOR, Depok – Sinergi Foundation berkolaborasi bersama Bengkel Kaki Palsu Ronal Regen dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyalurkan alat bantu berupa kaki dan tangan palsu kepada 20 penyandang disabilitas, terdiri dari anak-anak dan dewasa.Penyerahan alat bantu ini berlangsung pada pertengahan Juli 2022 lalu di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok.   

Alat bantu ini diberikan setelah adanya pengajuan yang dilakukan terkait jumlah mustahik di Depok yang memerlukan alat bantu tersebut. Pun kerjasama antara Sinergi Foundation bersama Bengkel Kaki Palsu Ronal Regen, di mana tim Sinergi Pelayanan Masyarakat (SPM) Sinergi Foundation yang memproses calon penerima secara administrasi, dan pembiayaan kaki dan tangan palsu. Sedangkan Ronald Regen melakukan survey kepada calon mustahik, produksi alat bantu dan penyaluran. Hal tersebut dilakukan agar dapat diberikan kepada para penerima yang kemungkinan layak untuk dibantu.

“Alhamdulillah, dari Sinergi Foundation bantu support 12 penerima manfaat yang terdiri dari 3 tangan palsu dan 9 kaki palsu. Dan 8 lagi berasal dari Bengkel Kaki Palsu Ronal Regen,” tutur staf Sinergi Pelayanan Masyarakat, Arul.

Anggaran yang digunakan untuk mensupport kaki palsu ini diperoleh dari dana zakat yang dihimpun oleh Sinergi Foundation. Melalui kolaborasi banyak pihak, semakin banyak orang yang dibantu dan mendapatkan manfaat, salah satunya membantu para penyandang disabilitas dengan memberikan kemudahan kepada mereka. 

- Advertisement -

Harapannya, tak hanya Dinas Sosial, pun lembaga-lembaga lain dapat melakukan kolaborasi untuk memfasilitasi penyandang disabilitas sehingga penerima manfaat berupa alat bantu dapat dirasakan oleh seluruh penyandang disabilitas di Indonesia.

Tujuan pemberian alat bantu ini sebagai cara untuk membantu para penyandang disabilitas dalam menunjang kehidupannya, sehingga dapat melakukan aktivitas seperti kebanyakan orang normal pada umumnya. Tak kalah penting, untuk memberikan sesuatu yang membuat penyandang disabilitas mendapatkan kembali kebahagiaannya dan kembali semangat menjalani hidup. 

Sinergi Foundation sebagai lembaga pengelola wakaf, zakat, infak, dan sedekah terkhusus turut memperhatikan nasib penyandang disabilitas. Salah satunya dengan melakukan kegiatan berupa penyaluran bantuan kaki dan tangan palsu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER