Minggu, 14 Agustus, 2022

Pimpin Doa Kebangsaan 77 Indonesia Merdeka, Wapres Ajak Bertaubat

MONITOR, Jakarta – Dalam menyambut HUT RI ke-77, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memimpin kegiatan dzikir dan doa kebangsaan untuk merayaan 77 tahun Indonesia merdeka. Kegiatan ini dilakukan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022) malam.

“Salah satu cara mensyukuri nikmat kemerdekaan adalah dengan menjaga keutuhan bangsa sehingga nikmat tersebut tidak diambil kembali oleh Allah SWT. Menjadi kewajiban kita adalah menjaga bangsa ini tetap utuh, tetap bercahaya,” ucap Ma’ruf Amin dalam gelaran dzikir bersama.

Ia menjelaskan, cara mensyukuri nikmat kemerdekaan juga dapat dilakukan dengan menjaga serta mengolah Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia dengan baik. Sebab, Indonesia memiliki kekayaan SDA yang melimpah dan tidak dimiliki negara lain.

“Kita harus mengolahnya. Karena itu yang kita butuhkan adalah hamzah washal yang merupakan huruf hamzah yang menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat yang lain sehingga menjadi untaian kata yang indah,” terangnya.

- Advertisement -

Mantan Ketua Umum MUI ini menjelaskan, makna hamzah washal ini adalah para pengusaha, offtaker-offtaker, yang bisa mengolah, menghilirisasi produk-produk pertanian, produk perkebunan, kelautan, sehingga menjadi produk-produk yang bisa dipasarkan.

Di akhir dzikir kebangsaan, Ma’ruf mengajak semua elemen untuk bersama-sama melakukan amalan baik serta banyak bertaubat kepada Allah SWT.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia, agar di usia ke-77 tahun bangsa Indonesia, semakin banyak melakukan amalan saleh dan taubat kepada Allah SWT, sehingga perjuangan mengisi kemerdekaan dapat terus dilanjutkan dengan hal-hal yang baik,” pesannya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER