Rabu, 24 April, 2024

Pemprov DKI Jakarta Dukung Subsidi BBM Tepat Sasaran

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat melakukan sosialisasi dan edukasi dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Subsidi BBM Tepat Sasaran bersama jajaran Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta 27/7 di Hotel Grand Tjokro Jakarta.

Kegiatan FGD dihadiri oleh jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diantaranya perwakilan dari Walikota dan Bupati di wilayah Administrasi DKI Jakarta, Kepala Badan dan Kepala Dinas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Para Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, serta Transmigrasi dan Energi di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta. Turut hadir Perwakilan PT Transportasi Jakarta, dan PT Jakarta Propertindo. Acara ini juga dihadiri Ketua Organda se Jabotabek dan Ketua Hiswana Migas DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah sangat mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi program subsidi tepat sasaran ini. Menurutnya, program-program pemerintah melalui Pertamina bisa tepat sasaran dengan data-data yang akurat.

Dia juga menyampaikan, “Suksesnya suatu program atau kegiatan tersebut apabila kegiatan tersebut tersosialisasi dengan baik dan diimplementasikan tepat sasaran. Indikatornya adalah data pendukungnya harus akurat untuk mencapai tepat saran”.

- Advertisement -

Saat ini kondisi yg terjadi di lapangan masih terdapat adanya konsumen yang tidak berhak yang memanfaatkan dan mengkonsumsi Pertalite dan Solar. Hal ini apabila tidak diatur akan menyebabkan berpotensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi atau tidak tepat sasaran.

Kegiatan ini mendapat antusiasme peserta pada saat sesi tanya jawab, setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh Gustiar Widodo, Sales Area Manager Retail wilayah Jakarta, Bogor dan Depok (Jabode). Peserta diajak untuk bersama-sama mencoba melakukan pendaftaran kendaraan melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan dapat juga menggunakan aplikasi mypertamina.

Dalam sambutannya, Region Manager Retail Sales Jawa Bagian Barat, Pierre Janitza Wauran, yang dalam hal ini mewakili Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kehadiran para tamu undangan, atas kerja sama, sinergi dan kolaborasinya selama ini, khususnya dalam rangka pengawasan dan monitoring Penyaluran Bahan Bakar Minyak khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Tentunya dengan adanya disparitas harga BBM yang tinggi, kuota BBM Bersubsidi yang terbatas termasuk adanya potensi over kuota, serta munculnya kasus penyelewengan BBM Subsidi mengharuskan kita untuk meningkatkan pengawasan penyaluran BBM Subsidi agar lebih tepat sasaran. Salah satu upayanya adalah dengan Program Subsidi Tepat MyPertamina ini,” kata Pierre.

Dengan adanya Program Subsidi Tepat MyPertamina ini, diharapkan pengguna BBM Subsidi dapat diidentifikasi serta penyaluran BBM Subsidi dapat dilakukan secara terintegrasi melalui sistem digitalisasi di SPBU secara Nasional, sehingga Penyaluran BBM Subsidi ini dapat dimonitoring dengan mudah, lebih akurat, dan tepat sasaran.

Program ini sendiri diharapkan dapat memberikan manfaat kepada Pemerintah Daerah berupa meningkatnya pendapatan daerah terkait dengan pemenuhan kewajiban perpajakan TNKB dan KIR serta peningkatan PBBKB dari meningkatnya penjualan BBM Non Subsidi. Selain itu, dengan berkurangnya pembeli yang tidak berhak, dapat membantu menjaga kuota penyaluran BBM subsidi yang terbatas ke masyarakat menjadi lebih baik serta berkontribusi dalam menghemat beban subsidi negara.

Secara terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat,  Eko Kristiawan menyampaikan bahwa bagi masyarakat, program ini akan memberikan kepastian mendapat BBM subsidi bagi konsumen yang berhak, masyarakat teredukasi dan paham terkait ketentuan penyaluran BBM subsidi, ungkap Eko.

“Kami juga mengharapkan dukungan dan bantuannya terkait sosialisasi dan edukasi dalam pelaksanaan Program SubsidiTepat MyPertamina ini,” tambah eko.

Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran Pertalite dan Solar subsidi menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER