Minggu, 14 Agustus, 2022

Pantau Bapok di Serang, Mendag Klaim Harga Cenderung Turun 

MONITOR, Serang – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus menunjukan tren penurunan. Khususnya minyak goreng curah dan beberapa komoditas hortikultura.

Penegasan disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bapok di Pasar Rau, Serang, Banten pada hari ini, Kamis (28/7). Turut hadir dalam kegiatan ini Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar dan Wali Kota Serang Syafrudin.

Pada kunjungan ini, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono, serta Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan.

“Harga barang kebutuhan pokok cenderung turun. Jadi kita syukuri harga-harga sekarang turun terutama bawang merah, minyak goreng curah, dan cabai yang turunnya tinggi sekali,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

- Advertisement -

Disebutkannya, penurunan harga bapok terjadi karena pasokan yang cukup. Harga cabai turun menjadi Rp70.000/kg yang sebelumnya Rp120.000/kg, harga daging ayam turun menjadi Rp35.000/kg sebelumnya Rp39.000/kg, bawang merah turun menjadi Rp40.000/kg sebelumnya Rp60.000/kg.

Kalau pasokannya tidak cukup pasti harganya naik. Jadi pasokan tampaknya berlebih sekarang,” imbuh Mendag Zulkifli Hasan. 

Seorang pembeli di Pasar Rau mengungkapkan, harga minyak goreng curah sudah mulai turun dan berharap dapat bertahan seterusnya. “Harga minyaknya sudah turun, mudah-mudahan seterusnya dapat turun lagi,” ucapnya.

Pembeli lain di Pasar Rau berharap harga barang kebutuhan pokok lebih baik lagi dan semakin stabil. “Semoga ke depan lebih baik lagi dan semakin stabil,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER