Rabu, 10 Agustus, 2022

Desa Energi Berdikari Pertamina: PTK Resmikan Program Lanjutan Bank Sampah di Jambi

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS), mengadakan soft launching taman vertical (vertical garden) dan pelatihan pengolahan minyak jelantah (mijel) menjadi produk kreatif dan biosolar di Bank Sampah Sumber Rezeki yang berlokasi di Omah Sinau kecamatan Jambi Timur.

Acara ini berlangsung pada Jumat, 15 Juli 2022 dan dihadiri oleh perwakilan Komisi II anggota DPRD Jambi Sutiono, Lurah Tanjung Sari Dadan, perwakilan 24 RT (forum komunikasi RT), serta beberapa tokoh masyarakat dan pemuda.

Kegiatan diawali dengan sambutan para tokoh yang menyatakan dukungan akan rencana program pelatihan pengolahan minyak jelantah agar masyarakat bisa membangun potensi ekonomi dari hasil pengolahan mijel tersebut. Masyarakat sekitar siap untuk mendukung dan mengembangkan usaha pengolahan mijel menjadi UMKM di wilayahnya. 

Selain itu, berlangsung juga peletakan batu pertama taman vertical di lahan belakang Omah Sinau yang telah disiapkan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh perwakilan fungsi relations PTK Dony Arya, dilanjutkan Anggota DPRD Sutiono, dan diakhiri oleh Lurah Tanjung Sari, menandai peresmian awal untuk pembangunan Taman Vertikal.

- Advertisement -

Tujuan dari pembuatan taman vertical ini adalah agar nasabah bank sampah bisa memanfaatkan botol bekas sebagai wadah dari bibit tanaman sayur dan herbal sebagai lahan produktif yang akan dimanfaatkan dan dirasakan kembali hasilnya oleh semua nasabah bank sampah di kemudian hari.

Selama satu pekan, dimulai sejak tanggal 14 hingga 23 Juli 2022, pelatihan pengolahan minyak jelantah/mijel melibatkan semua nasabah bank sampah dan masyarakat sekitar. Minyak jelantah yang selama ini hanya dibuang sebagai limbah rumah tangga akan diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat secara bertahap seperti sabun cuci, sabun lantai, lilin lampu, dan bahkan biosolar sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Penggunaan Biosolar hasil olahan minyak jelantah juga dimanfaatkan pada mesin cacah plastik dan organik yang telah dimiliki bank sampah Sumber Rezeki. Sehingga produk hasil pelatihan dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan dalam rantai pengolahan sampah di Bank Sampah Sumber Rezeki. Saat ini Bank sampah Sumber Rezeki dari tahun 2019-2022 sudah memiliki beberapa fasilitas seperti mesin cacah sampah, motor tiga roda, perpustakaan belajar, Taman Kreasi (bantuan PTK), dan terakhir taman vertical (bantuan PTK).

“Dengan adanya bantuan dari PTK, kami bisa meningkatkan daya dorong untuk mengolah sampah hingga 10 kali lebih besar, sehingga lebih banyak produk/kreasi yang bisa kami telurkan di kemudian hari dan lebih banyak yang bisa merasakan manfaatnya terutama warga di kelurahan Tanjung Sari,” ucap Suminah, Ketua Bank Sampah Sumber Rezeki.

“Melalui kegiatan TJSL yang dilaksanakan oleh PTK di wilayah Jambi, diharapkan dapat bermanfaat bagi warga dengan secara kontinyu meningkatkan perekonomian, dan sekaligus menjadi sarana komunikasi dan interaksi PTK  dengan masyarakat Kelurahan Tanjung Sari, Jambi,” ujar VP Legal & Relation PTK Frits Tommy H. Sibuea.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER