Senin, 8 Agustus, 2022

Ridwan Kamil Geram Dituding ‘Ngemis’ Dana Pembangunan Al-Mumtadz

MONITOR, Bandung – Proses pembangunan Islamic Center berupa masjid Al-Mumtadz yang dirintis Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tengah diterpa isu miring. Salah seorang warganet @rudikamri, menyebut bahwa sang Gubernur ‘mengemis’ dana untuk kebutuhan pembangunan masjid tersebut.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Gubernur yang karib disapa Kang Emil pun memberikan hak jawabnya di media sosial terkait isu sumbangan dana pembangunan Masjid Al-Mumtadz.

“Islamic Center di Cimaung ini sudah berlangsung 3 tahun sebelum Eril (Emmeril Kahn Mumtadz) wafat, dengan dana pribadi yang dicicil sesuai rejekinya. Jadi bukan baru diniatkan membangun masjid setelah Eril wafat. Makanya sudah beres 1 lantai basement pada saat Eril wafat,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (26/7/2022).

Setelah Eril wafat, barulah bangunan tersebut dinamai dengan Al-Mumtadz. Bahkan Ridwan Kamil menegaskan masjid tersebut bukan lagi milik pribadi keluarganya, melainkan diwakafkan untuk kepentingan umat.

- Advertisement -

“Bukan lagi milik pribadi. Sudah berstatus wakaf dari keluarga untuk menjadi pusat dakwah di kawasan Kecamatan Cimaung Kab Bandung. Jadi untuk kepentingan publik bukan properti pribadi lagi,” terangnya.

Ia mengungkapkan, semenjak namanya menjadi Al Mumtadz, ratusan pesan warganet masuk dan ingin berdonasi dari skala receh hingga besar untuk masjid. Mantan Walikota Bandung ini kemudian berinisiatif mendaftarkan format donasi masjid melalui platform kitabisa.com, guna lebih transparan dan tertib secara administrasi.

“Ada tidak ada sumbangan masyarakat, seperti halnya 3 tahun pertama, maka ikhtiar membangun masjid ini tetap akan diwujudkan oleh ikhtiar2 pribadi sampai kapan pun selesainya,” pungkas Ridwan Kamil.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER