Kamis, 28 Maret, 2024

Jika Memicu Perpecahan, Surya Paloh Setuju Pemilu Ditiadakan

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menggelorakan semangat persatuan bangsa saat dirinya memberikan pidato kebangsaan dalam penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang Sosiologi Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Senin (25/7/2022).

Paloh menyatakan dirinya sangat menyayangkan apabila kontestasi Pemilu diwarnai perpecahan bangsa, demi merebut kekuasaan. Jika memicu konflik, ia pun mengungkapkan lebih baik tidak ada penyelenggaraan Pemilu, daripada mengorbankan persatuan bangsa.

Sebab dikatakan dia, mengorbankan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kerugian besar yang dialami bangsa Indonesia.

“Terlalu pendek akal kita dan terlalu tinggi nafsu kita, jika untuk memenangkan pemilu kita harus mempertaruhkan persatuan dan kesatuan bangsa ini,” ujar Paloh saat menyampaikan Orasi Ilmiah Promovendus bertajuk “Meneguhkan Kembali Politik Kebangsaan”.

- Advertisement -

“Bagi saya pribadi, lebih baik tidak ada pemilu jika itu hanya memberikan konsekuensi pada perpecahan bangsa ini,” sambungnya lagi.

Sebagai Promovendus, diharapkan pemikiran-pemikiran Bos Media ini dapat menjadi pegangan dalam perkembangan bangsa dan dunia akademik ke depan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER