Kamis, 18 April, 2024

Anies Ajak Anak PAUD Kunjungi Kebun Anggur di SPBU Cilincing

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku takjub saat mengunjungi sebuah kebun budidaya anggur di sebuah SPBU di Jalan Cakung-Cilincing, Jakarta Utara. Dimana, kawasan tersebut selama ini sering diasosiasikan sebagai daerah transformers yang panas berdebu.

“Perubahan luar biasa ini, berkat inisiatif seorang warga, Pak Sutarto yang biasa menjaga di SPBU ini, memutuskan mengubah lahan belukar menjadi kawasan bercocok tanam, Vezo Grapes Farm namanya,” tutur Anies saat mengunjungi lokasi bersama sang istri, Fery Farhati, Jumat (22/7/2022).

Di lahan seluas sekitar 800 meter persegi tersebut, kata Anies, telah tumbuh dan siap panen sebanyak 70 varietas anggur. Dikatakan Anies, kebun anggur di Cilincing ini adalah contoh nyata kolaborasi, inisiatif dari warga yang didukung kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan pihak Swasta.

Vezo Grapes Farm juga merupakan Kelompok Tani binaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, karena bibit anggurnya juga disediakan secara gratis.

- Advertisement -

Anies bahkan mengajak anak-anak PAUD SPS Negeri Sukapura Cerdas untuk ikut menanam dan panen anggur di lokasi itu.

“Kami mengundang kepada seluruh pegiat masyarakat di seluruh Jakarta, sempatkan mampir ke sini, untuk belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat kita masing-masing, berbasis komunitas dan keluarga,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER