Rabu, 10 Agustus, 2022

Erick Thohir Optimis Bawa RI jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat di Dunia pada 2045

MONITOR, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai dengan tahun 2045 itu 5 persen rata–ratanya. Akhirnya kita akan menjadi negara terbesar keempat secara ekonomi di dunia,” kata Erick dalam video yang unggah akun Instagramnya.

Erick menuturkan generasi muda merupakan ujung tombak yang akan memastikan pencapaian tersebut. Sehingga, dia menilai generasi muda harus memanfaatkan peluang yang ada, seperti pendidikan dan profesionalisme.

“Tantangannya adalah untuk generasi saat ini adalah jangan sibuk pergerakan tapi harus sibuk mengisi peluang-peluang itu dengan pendidikan dan juga profesionalisme dan juga pengusaha baru Indonesia,” kata dia.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Erick menjelaskan, generasi muda hari ini memerlukan pergerakan yang kontekstual dan tidak cukup hanya rutinitas saja. Menurutnya anak muda juga harus kreatif dan mampu memecahkan masalah, sehingga tercipta generasi yang mampu bersaing.

“Tak cukup hanya dengan rutinitas saja, tetapi aktivisme harus ditambah sikap profesionalisme, berjiwa kreatif, dan mampu memecahkan masalah. Zaman bergerak, pastikan kita ada di barisan depan,” kata Erick.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia ingin meraih visi jangka panjang untuk menjadi negara maju pada tahun 2045. Namun, Indonesia perlu melakukan transformasi ekonomi. Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) disebut menjadi salah satu penggerak transformasi ekonomi Indonesia.

“Kalau kita lihat salah satu fondasi dari perekonomian kita yang masih membutuhkan perhatian sangat besar adalah dari sisi produktivitas. Produktivitas itu bisa dijelaskan dari kualitas SDM (sumber daya manusia), seperti pendidikan dan kesehatan, di mana ini menjadi perhatian kita selama pandemi ini, dan juga dari sisi infrastruktur birokrasi, dan dari sisi transformasi ekonomi,” kata Sri Mulyani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER