Minggu, 14 Agustus, 2022

Jasa Marga Borong 7 Penghargaan di Ajang AKHLAK Award 2

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil borong tujuh penghargaan AKHLAK Award di ajang Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN – AKHLAK Award 2 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan ACT Consulting Internasional secara virtual pada Selasa malam (05/07).

Penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga, sebagai kategori BUMN Klaster Jasa Infrastruktur serta sebagai satu dari dua BUMN yang berhasil meraih capaian implementasi pada enam tata nilai AKHLAK dengan lengkap, yaitu Indeks Implementasi Nilai Amanah, Indeks Implementasi Nilai Kompeten, Indeks Implementasi Nilai Harmonis, Indeks Implementasi Nilai Loyal, Indeks Implementasi Nilai Adaptif, dan Indeks Implementasi Nilai Kolaboratif.

Penghargaan ini diterima secara virtual oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur. Di tempat terpisah, Subakti menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian BUMN dan ACT Consulting Internasional selaku penyelenggara atas apresiasi yang diberikan kepada Jasa Marga, pada momen Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN.

“Pencapaian ini dapat diraih tentunya karena peran aktif dan konsistensi seluruh Karyawan dalam menerapkan tata nilai AKHLAK di lingkungan Jasa Marga Group,” ujar Subakti.

- Advertisement -

Subakti menambahkan, hal ini juga semakin meningkatkan motivasi Jasa Marga sebagai BUMN untuk memberikan kinerja terbaik dengan berlandaskan AKHLAK, dalam rangka mewujudkan kontribusi BUMN untuk Indonesia

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir yang menjadi penggagas dari tata nilai AKHLAK dalam sambutannya menyampaikan bahwa, AKHLAK dinilai berhasil membawa perubahan besar di Perusahaan BUMN terlihat dari banyaknya pencapaian positif yang berhasil ditorehkan dalam dua tahun terakhir.

“Alhamdulillah sejak awal diluncurkan hingga sekarang penerapan tata nilai AKHLAK terus menunjukkan hasil yang baik di BUMN seperti contohnya konsistensi proses bersih-bersih dan pemberantasan korupsi dari tubuh BUMN, transformasi human capital yang lebih profesional, transparan, terbuka, dan juga balance pemimpin muda dan kesetaraan gender yang dilakukan bersama, tentu hingga pendapatan BUMN yang tadinya hanya Rp13 triliun sekarang menjadi Rp126 triliun,” jelas Erick.

Oleh karena itu, Erick meminta kepada seluruh BUMN untuk terus konsisten menerapkan tata nilai AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya, serta menerapkannya dalam lingkup yang lebih luas lagi baik di keluarga maupun bermasyarakat.

Founder ACT Consulting Internasional Ari Ginanjar menambahkan lebih lanjut, AKHLAK Award kali ini melibatkan 141 Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan dengan periode penilaian yang sudah dilakukan sejak Juli 2021 hingga Juni 2022.

“Apresiasi diberikan bukan semata-mata dari hasil pengukuran, namun juga mempertimbangkan komitmen para pimpinan atau Direksi dan juga program-program budaya yang telah dilakukan,” terang Ari.

Direktur Human Capital dan Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B. menjelaskan, Jasa Marga melakukan sejumlah strategi dalam mengimplementasikan tata nilai AKHLAK secara menyeluruh kepada Karyawan Jasa Marga, diantaranya melalui Roadmap Transformasi AKHLAK dengan empat fase perubahan yakni Fase Awareness, Understanding, Acceptance, dan Commitment.

“Komitmen kami dimulai sejak terbitnya Surat Edaran Menteri BUMN pada 1 Juli 2020 yang dilanjutkan dengan terbitnya Surat Keputusan Direksi pada 29 Juli 2020. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan membentuk Commander AKHLAK Jasa Marga Group yang merupakan change agent di tiap unit kerja, regional hingga anak perusahaan yang rutin mengikuti pelatihan dan workshop AKHLAK,” kata Bagus.

Upaya lainnya yang ditempuh Jasa Marga dalam memperkuat tata nilai AKHLAK juga dilakukan melalui rangkaian Program Sharing AKHLAK berkolaborasi dengan anggota keluarga, mitra kerja dan sesama BUMN, hingga melakukan evaluasi score indeks maturitas. Untuk meningkatkan efektivitas sosialisasi, Jasa Marga juga mengadakan sejumlah kegiatan implementasi AKHLAK untuk para karyawan, diantaranya testimoni AKHLAK Leader hingga pelaksanaan AKHLAK Award di lingkungan Jasa Marga Group.

“Kami juga rutin menggelar Podcast AKHLAK for Impactful Change (AIC) untuk karyawan Jasa Marga yang ditayangkan secara virtual dengan narasumber dari jajaran Direksi maupun Anak Perusahaan dengan topik yang beragam. Program AIC ini merupakan bentuk sosialisasi tata nilai AKHLAK, meningkatkan motivasi serta membangun komitmen karyawan Jasa Marga,” tutup Bagus.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER