Kamis, 18 Agustus, 2022

Fatayat NU Kota Tangerang gelar Gebyar UMKM dan Festival Kreativitas, Target Bentuk Wadah Binaan

MONITOR, Tangerang – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tangerang menggelar Workshop Nasional dalam acara pembukaan Gebyar Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan Festival Kreativitas di Gedung MUI Kota Tangerang, pada Sabtu (2/6) pagi.

Ketua PC Fatayat NU Kota Tangerang Menawati, menyampaikan kegiatan Workshop UMKM ini targetnya adalah terbentuknya wadah UMKM binaan Fatayat berupa Koperasi. Sekaligus mendapatkan kemudahan fasilitas permodalan.

“Kita belajar teori dengan workshop, kita praktekkan langsung ilmunya dengan membuka Bazar UMKM yang bertujuan untuk mendorong UMKM yang dua tahun kena dampak pandemi agar terpacu kembali untuk bergerak maju,” terang Menawati.

Menawati menambahkan terdapat rangkaian perlombaan, melalui kegiatan tersebut, peserta diharapkan bisa memacu semangat masyarakat yang mempunyai kemampuan khsusus untuk saling berlomba dalam kebaikan. Dan juga semakin giat untuk terus mengasah kemampuannya.

- Advertisement -

“Disamping itu tentunya juga Syi’ar Fatayat kepada khalayak umum bahwa ada Fatayat NU di Kota Tangerang, jika anak, istri, atau saudara, tetangga yang ingin aktif di Fatayat kami dengan senang hati mempersilahkan demi syi’ar ajaran ahlus sunnah wal jama’ah nya Mbah Hasyim Asy’ari.” Terang Menawati.

Ia juga berharap Pemerintah Kota Tangerang ikut serta memfasilitasi dan memberikan pembinaan agar keberlangsungan UMKM binaan Fatayat bisa berkembang dengan pesat dan cepat.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Naila Maye Haq, menuturkan gelaran workshop ini merupakan acara pembuka dalan rangkaian Gebyar UMKM dan Festival Kreativitas Fatayat NU Kota Tangerang.

“Dengan menggelar workshop nasional ini, diharapkan kepada peserta bisa menggali ilmu dan pengalaman dari para narasumber,” ujar Naila.

Naila menyampaikan, selain gelaran workshop, bazar dan perlombaan. Didalam rangkaian kegiatan juga ada medical check up dan donor darah. Ia menyatakan, bahwa Fatayat juga tidak hanya berorientasi pada ekonomi dan peningkatan kemampuan. Fatayat juga bisa berperan dalam kegiatan sosial kemanusiaan.

“Selain bazar, perlombaan, dan advokasi isu perempuan dan anak. Fatayat juga mempunyai kepekaan terhadap aspek sosial kemanusiaan,” ujar Naila.

Kendati demikian, Naila nengungkapkan terimakasihnya kepada semua pihak dan sponsor, karena telah ikut serta menyukseskan dan mendukung Gebyar UMKM dan Festival Kreativitas Fatayat NU Kota Tangerang.

“Hanya ungkapan terima kasih dan doa yang dapat saya panjat dan berikan. Semoga semua pihak yang telah mengukseskan acara ini diberikan kesehatan dan pahala yang berlimpah, sehingga kita bisa terus menebar kebaikan di dunia ini,” tandas Naila.

Berlangsung khidmat, workshop mengusung tajuk ‘UMKM Perempuan Bangkit, Berdaya dan Indonesia Maju’ ini dihelat menjadi sebuah dialog setelah secara resmi dibuka oleh Ketua PCNU Kota Tangerang KH Dedi Mahfudin. Ditutup doa oleh Sekretaris I MUI Kota Tangerang KH Misbahul Munir.

Turut hadir menjadi narasumber Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Ir Luhur Pradjanto, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang Abdul Kholil Kurniawan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER