Jumat, 1 Juli, 2022

PEPS: Pemerintah Harus Antisipasi Kondisi Ekonomi Global

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Indonesia diharap tetap mewaspadai potensi adanya kondisi ekonomi global saat ini. Dimana, Managing Director Political Economic and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan menyebut situasi bisa berubah akibat tingginya Inflasi dan potensi terjadinya stagflasi.

“Sekarang sudah terjadi bubble economic (gelembung ekonomi), jika tidak diantisipasi bisa menjadi buah simalakama bagi Indonesia. Karena mau tidak mau, Indonesia harus mengikuti tindakan global. Kalau global menaikkan suku bunga, maka Indonesia juga harus menaikkan suku bunganya,” kata Anthony dalam penjelasannya, Rabu (22/6/2022). 

Seharusnya, kata dia, kebijakan ekonomi Indonesia tidak terpengaruh kondisi keuangan global, sehingga bisa memberikan pertumbuhan positif bagi perekonomian.

“Kita harus independen. Kalau kita punya kebijakan, harus kita sterilkan dari pengaruh luar negeri agar memberikan pengaruh positif pada transaksi berjalan, seperti global money, kita isi dengan domestic financing,” katanya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER