Rabu, 24 April, 2024

Pertamina Ajak UMKM Ikutan Marketing Live Competition

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) menyelenggarakan kegiatan Marketing Live Competition untuk mempromosikan dan menjual produk melalui instagram, tiktok maupun marketplace yang diselenggarakan tanggal 5 – 15 Juni 2022.

Adapun syarat dan ketentuan-nya adalah bahwa setiap peserta diwajibkan follow Instagram gen_umkm, mengcapture tampilan saat live beserta viewers terbanyak untuk dilakukan verifikasi, mengupload hasil live ke Instagram dengan mentag gen_umkm, dan menyertakan hastag GenLiveCompetition.

Pjs. VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Heppy Wulansari menyatakan kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh Mitra Binaan baik Pertamina maupun bukan. “Khusus Mitra Binaan Pertamina, diharuskan menyertakan nama usaha dan kode mitra,“ ujarnya.

Sementara, kriteria pemenang merupakan peserta yang memiliki viewers dan penjualan terbanyak selama live dengan durasi selama 1 (satu) jam. Bagi 6 (enam)  pemenang masing-masing kategori, umum dan Mitra Binaan, tentunya tersedia hadiah hingga jutaan rupiah.

- Advertisement -

Strategi menjual adalah sebuah seni, yang tentunya tidak hanya berfokus kepada produk atau hard selling, melainkan juga harus memperhatikan heart selling.

Pengetahuan akan pengenalan produk sangatlah penting namun kemampuan untuk membuat nyaman calon pembeli adalah hal yang utama. Kenalilah keinginan pelanggan, wajah yang ramah serta tutur kata yang sopan adalah bentuk bahasa tubuh yang harus ditonjolkan saat bertemu dengan pelanggan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tengah berlomba-lomba melakukan digitalisasi usahanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat dari masa ke masa.

Heppy sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka membangkitkan semangat para UMKM ditengah peralihan pandemi menuju endemi COVID-19. “Dalam konten onlinepun, kalimat pertama yang kita keluarkan adalah kalimat yang menarik perhatian yang tidak secara langsung menuju ke produk melainkan fokus kepada “keuntungan” apa yang akan didapat oleh calon pembeli,” tuturnya. Hal ini dilakukan agar masuk ke dalam otak bawah sadar bahwa calon pembeli memang sangat menginginkan produk dimaksud.

Dengan digitalisasi, terdapat beberapa manfaat bagi UMKM antara lain menghemat biaya pemasaran yang tentunya meningkatkan laba usaha, jangkauan pemasaran yang lebih luas, pelaku bisnis UMKM dapat melayani konsumen secara real time meskipun dalam jarak jauh. Pastinya, konsumen yang dilayani secara real time akan senang dan bisa jadi menjadi pelanggan tetap.

Banyak sekali UMKM yang mengembangkan usahanya menggunakan teknologi berbasis internet, seperti: membuat website untuk melakukan digital marketing sampai dengan memiliki E – Commerce. Hingga tahun 2021 PT Pertamina (Persero) telah memiliki 355 UMKM Naik Kelas Go Digital.

Dengan adanya digitalisasi UMKM, produk yang ditawarkan UMKM lebih dikenal konsumen karena kemudahan sistem pemasaran digital. Bagi UMKM yang ingin merintis bisnis UMKM jangan takut kalah bersaing dengan pengusaha besar.

“Saat ini kunci sukses produk UMKM lebih dikenal adalah rajin melakukan promosi menggunakan media sosial, website dan E – Commerce,” pungkas Heppy.

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER