Sabtu, 21 Mei, 2022

Kunjungi Pasar Gembrong Pasca Kebakaran, Anies Janjikan Revitalisasi

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengunjungi korban musibah kebakaran di kawasan Pasar Gembrong, belum lama ini. Di lokasi, ia melihat tim dapur darurat yang terdiri dari kolaborasi Baznas Bazis, PMI, Dinsos dan relawan lainnya kompak membantu para korban.

“Kami mengajak warga sekitar yang terdampak untuk terlibat dalam proses revitalisasi kawasan tersebut pascakebakaran. Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya, serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya, agar bisa tetap optimis menyongsong hari esok,” tutur Anies Baswedan di lokasi.

Ia menuturkan pengerjaan revitalisasi kawasan tersebut akan segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Basnas Bazis DKI, Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta.

Diketakan Anies, revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga. Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik.

- Advertisement -

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, pihaknya juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat dan asri. Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya.

“Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji, yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka. Walaupun tidak seberapa, Insya Allah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk Lebaran,” ucap mantan Mendikbud RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER