Sabtu, 20 April, 2024

Kinerja Erick Thohir Tata BUMN Dinilai Bikin Masyarakat Jatuh Hati

MONITOR, Jakarta – Pengamat politik Fernando Emas mengatakan, naiknya popularitas dan elektabilitas Erick Thohir tidak terlepas dari kerjanya sebagai Menteri BUMN. Dia juga melihat masyarakat jatuh hati dan menaruh harapannya kepada Erick sebagai pengganti Jokowi ke depan.

“Sejak Jokowi terpilih sebagai Presiden, masyarakat sudah memiliki ekspektasi dan standar dalam menentukan pilihan siapa tokoh yang akan dipilih sebagai presiden penerus Jokowi,” kata Fernando Emas.

Menteri BUMN Erick Thohir diakui berhasil menata kembali kementerian yang dipimpinnya, hingga berhasil masuk dalam empat besar menteri dan dan kementerian yang berkinerja baik, serta figur non partai yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon Presiden Capres) di pemilihan Presiden (Pemilu) 2024.

Menurut Fernando, hasil survei yang menempatkan Erick Thohir sebagai figur non partai yang memiliki elektabilitas tinggi, dan juga tokoh non partai dengan keterpilihan menjadi Capres tertinggi bukanlah hal yang mengagetkan, karena Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini berhasil merombak manajemen BUMN yang dinilai sebagai saran korupsi.

- Advertisement -

“Bagi saya tidak sesuatu yang mengejutkan ketika hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Erick Thohir menjadi tokoh non parpol dengan posisi teratas sebagai calon presiden karena sejak dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN menghasilkan karya dalam menata dan “bersih-bersih” perusahaan BUMN,” ucapnya.

“Kinerjanya dan keberanian Erick membuat masyarakat “jatuh hati” yang diharapkan dapat meneruskan kepemimpinan Jokowi karena masyarakat sudah memiliki standar pemimpin yang akan datang,” jelasnya.

Atas dasar itu, Fernando melihat masyarakat mulai jatuh hari dan menaruh harapan besar kepada mantan bos Intermilan itu untuk melanjutkan program kerja Presiden Joko Widodo.

“Masyarakat sepertinya memiliki harapan terhadap Erick Thohir untuk melanjutkan kerja-kerja dan program yang sudah dilakukan oleh Jokowi selama ini,” ungkapnya.

Fernando juga meyakini betul Erick Thohir bisa meningkatkan elektabilitasnya dalam kurun waktu 1,5 tahun ini, asalkan Erick Thohir konsentrasi menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas negara yang diembankan pada dirinya.

“Dengan waktu sekitar 1,5 tahun lebih, Erick Thohir akan bisa lebih meningkatkan elektabilitasnya. Apalagi Erick merupakan salah satu Menteri yang benar-benar dipercaya, dan salah satu tokoh yang diharapkan oleh Jokowi meneruskan kepemimpinannya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER