Jumat, 26 April, 2024

Sosialisasikan Germas Prokes, Wenny Haryanto: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

MONITOR, Depok – Anggota DPR Komisi IX, Wenny Haryanto, menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Protokol Kesehatan di Gedung Toba Convention Center DTC, Kota Depok, Rabu (27/04/2022).

Kegiatan tersebut merupakan bagian program Komunikasi Informasi dan Edukasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerjasama dengan DPR RI dan Dinas Kesehatan Kota Depok, dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang menjadi ancaman bagi masyarakat hingga kini.

Hadir sebagai narasumber kegiatan sosialisasi ini, antara lain Sekdis Dinkes Kota Depok Rani Marina, didampingi Kabid Kemas Zakiah, Pemkesja Ahli Muda Kemenkes Jabar, Dewi Ratna Sari, Kasubag Adung Kemenkes RI Riza Apriani Margaresa, dan kader PKK Kota Depok.

Sementara peserta sosialisasi yang hadir sekitar 200 orang dari kalangan masyarakat pemerhati bidang kesehatan yang aktif dalam mendukung pemerintah untuk menuntaskan pandemi Covid-19.

- Advertisement -

Menurut Wenny Haryanto terkait Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, bahwa Sehat yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Ia menambahkan, aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan memberikan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Secara umum, lanjut Wenny, tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat sehingga memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.

“Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit. Jadi kita lebih baik mencegah daripada mengobati,” tegas Wenny.

Ia juga melihat Munculnya pandemi Covid-19 yang saat ini telah memasuki tahun ketiga, berpengaruh sangat besar terhadap berbagai bidang kehidupan manusia di seluruh dunia, terutama pada sektor ekonomi dan kesehatan. Kejadian luar biasa akibat adanya pandemi ini membuat setiap orang saat ini menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya.

Wenny kembali mengingatkan pemberian vaksin ini bukanlah obat untuk Covid-19, dan walaupun kasusnya saat ini sudah sangat melandai.

“Covid-19 ini masih ada diantara kita semua sehingga masih diperlukan tindakan promotif dan preventif lainnya sebagai upaya pencegahan, diantaranya dengan tetap selalu menerapkan Germas, protokol kesehatan 5M dan vaksinasi,” tuturnya.

Wenny pun menyatakan bahwa memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan Germas yang merupakan tanggung jawab kita semua di kalangan masyarakat, dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas Covid-19.

“Germas dan prokes sudah kebutuhan pokok. Mari bersama-sama mewujudkan Kota Depok bebas Covid-19 dengan selalu menerapkan Germas, protokol kesehatan 5M dan turut serta serta memberikan dukungan penuh dalam program vaksinasi nasional,” pungkas legislatif dari Fraksi Partai Golkar tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER