BUMN

Bantu Kesiapan Mudik, Jasa Marga Kembangkan Tujuh Fitur Utama dan User Interface Aplikasi Travoy

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengembangkan tujuh fitur utama sekaligus pembaruan user interface dalam aplikasi Travoy guna membantu pengguna jalan dalam menyiapkan perjalanan mudik agar lebih aman dan nyaman.

Tahun ini di tengah euforia masyarakat untuk kembali ke kampung halaman, Jasa Marga melakukan survey kepada sejumlah pengguna aplikasi dan pengguna jalan untuk menjawab kebutuhan perjalanan, terutama dalam melengkapi aplikasi navigasi yang kerap digunakan oleh masyarakat.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Aplikasi Travoy dirancang sebagai asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan dari Jasa Marga Tollroad Command Center yang diintegrasikan di dalam aplikasi dan dapat diakses oleh masyarakat.

“Setelah melakukan survey kepada user dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze,” ujar Heru.

Tujuh fitur tersebut merupakan 4 fitur baru dan 3 fitur yang telah ada di versi sebelumnya serta ditingkatkan efektivitasnya, di antaranya:
1. Cek Saldo. Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash.
2. Struk Digital. Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol.
3. CCTV Real Time. Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.
4. Rest Area. Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir.
5. Tarif Tol. Membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan.
6. Informasi Lalu Lintas Terkini. Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol
7. Chat Us. Menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.

“Kami berharap penambahan fitur-fitur baru menjawab kebutuhan pengguna jalan, terutama di saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kami memahami pengguna jalan akan membutuhkan berbagai informasi lalu lintas yang bergerak sangat dinamis, untuk bisa menentukan rute perjalanan dengan baik. Berbagai informasi yang terintegrasi dalam aplikasi Travoy diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga pengguna jalan akan selalu update dengan kondisi terkini,” ujar Heru.

Dengan pembaruan aplikasi ini, Heru berharap para pengguna jalan tol bisa mempersiapkan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan lebih baik sehingga tidak terjadi hambatan, seperti terjebak kepadatan yang bisa diantisipasi sebelumnya, kekurangan saldo e-Toll atau kesulitan menemukan titik lokasi rest area.

“Pembaruan ini juga diperkuat dengan dua fitur pamungkas yaitu Chat Us, yang merupakan penambahan layanan customer care kepada pengguna jalan dengan lebih mudah melalui WhatsApp serta fitur Informasi Lalu Lintas Terkini yang menyajikan jadwal pemberlakuan rekayasa lalu lintas hingga informasi gangguan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group,” tutupnya.

Selain penambahan fitur-fitur tersebut, aplikasi Travoy terbaru juga mengalami pengembangan dari sisi User Interface (UI). Tampilan antarmuka pengguna yang baru ini membuat aplikasi Travoy terlihat lebih minimalis dan menarik serta susunan fitur utama sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sebelum diperbarui, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada 2019 ini sebelumnya telah mengalami pembaruan versi sebanyak tiga kali, mulai dari Travoy 1.0 hingga versi terakhir Travoy 3.0 sebelum diluncurkannya versi 4.0 yang merupakan integrasi dari aplikasi Travoy 2.0 dengan aplikasi JMCare. Pada tiap pembaruannya, aplikasi Travoy selalu mengalami peningkatan dalam hal tampilan maupun fitur. Fitur-fitur baru senantiasa ditambahkan untuk meningkatkan kepuasan serta memudahkan para pengguna jalan saat berkendara.

Recent Posts

Komisi IV DPR RI Apresiasi Langkah Kementan Kendalikan PMK

MONITOR, Surabaya - Komisi IV DPR RI menyampaikan apresiasi terhadap langkah-langkah konkret Kementerian Pertanian dalam…

37 menit yang lalu

Deklarasikan Diri Jadi Kabupaten UMKM, Wamen Helvi Apresiasi Inisiatif Pemda Situbondo

MONITOR, Jawa Timur - Wakil Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Wamen UMKM) Helvi Moraza…

1 jam yang lalu

Puan Dorong Pemerintah Bertindak Soal Ancaman Gugatan Brasil Terkait Kematian Turis Juliana di Rinjani

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menanggapi isu yang berkembang terkait ancaman gugatan yang…

4 jam yang lalu

Dukung Program PKG, Kemenag Libatkan Jutaan Siswa dan Santri

MONITOR, Jakarta - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag mendukung Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) bagi…

5 jam yang lalu

Terjadi Lagi Kapal Tenggelam di Selat Bali, DPR Desak Audit Menyeluruh Sistem Keselamatan Pelayaran

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri menyampaikan keprihatinan mendalam…

6 jam yang lalu

Karantina Kepri dan Bea Cukai Bersinergi Musnahkan Komoditas Ilegal

MONITOR, Jakarta - Badan Karantina Indonesia melalui Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Kepulauan Riau…

7 jam yang lalu