Sabtu, 20 April, 2024

Asyik, Anak-anak dan Remaja Kini Bisa Mudik Tanpa Tes Covid-19

MONITOR, Jakarta – Kabar baik bagi para pemudik. Pemerintah belum lama ini memutuskan bahwa anak-anak dan remaja yang sudah divaksin dosis kedua dapat melakukan mudik tanpa perlu menunjukkan hasil tes COVID-19, baik PCR maupun Antigen.

Pengumuman itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, usai Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Kita memang mensyaratkan booster kalau tidak mau dites antigen atau PCR untuk mudik. Tapi booster ini kan hanya diberikan ke di atas 18 tahun ke atas. Jadi memang ada dinamika. Ini kalau anak-anak di bawah 18 tahun gimana? Mau di-booster juga belum boleh. Jadi akhirnya diputuskan oleh Bapak Presiden anak-anak, remaja, kalau mau mudik belum di-booster enggak apa-apa, enggak usah dites antigen,” terang Budi Gunadi.

Budi pun berharap, adanya keputusan ini memudahkan anak-anak agar bisa menikmati masa mudik bersama keluarga.

- Advertisement -

“Jadi bisa mendampingi orang tuanya untuk mudik tanpa perlu tes PCR atau antigen, asal vaksinasinya sudah dua kali. Jadi, ini hadiah dari beliau kepada anak-anak kita yang keluarganya mau menikmati mudik ini dengan lebih baik lagi,” tandas Budi.

Budi pun terharu atas kinerja banyak elemen, lantaran kini sudah hampir 200 juta masyarakat Indonesia telah mendapat suntikan vaksin dalam kurun waktu 15 bulan.

“Alhamdulillah sampai sekarang sudah 392 juta dosis vaksin diberikan ke 198 juta masyarakat Indonesia. Sudah hampir 200 juta dalam waktu 15 bulan. Ini pencapaian yang luar biasa,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER