Kamis, 18 Agustus, 2022

Sebarkan Kebahagiaan, Sinergi Foundation Jangkau Desa Pelosok

MONITOR, Cianjur – Sedih rasanya jika kebahagiaan Ramadhan hanya dirasakan masyarakat berkekurangan di lingkar ibukota. Dengan komitmen ini, Sinergi Foundation pun berikhtiar untuk menjangkau mereka yang membutuhkan di pelosok-pelosok Indonesia.

Di awal Ramadhan ini, penyaluran perdana wilayah pelosok dilakukan di Kp. Mekarbakti, RT 001/RW 004, Desa Gelarpawitan, Kec. Cidaun Cianjur, Jawa Barat.

Meski Jawa Barat termasuk salah satu pulau terbesar dengan perkembangan pembangunan yang luar biasa, namun rupanya masih saja ada daerah-daerah tertinggal yang kurang diperhatikan.

Bandung sebagai titik keberangkatan, tim penyaluran menempuh kurang lebih 6 – 7 jam perjalanan ke lokasi penyaluran di dengan penuh perjuangan dan tantangan.

- Advertisement -

Iring-iringan kendaraan tim penyalur melewati jalan tol, barisan kebun teh hingga rindangnya pepohonan hutan. Tak selesai sampai di sana, begitu mendekati lokasi tim diharuskan berganti kendaraan dengan menaiki ojeg gunung.

Sebab akses jalan tak memungkinkan dilewati mobil biasa. Jika memaksakan, mobil bisa mengalami ban selip akibat terjalnya jalan yang hanya dilapisi bebatuan kasar sungai.

Melewati jalan berbatu ini pun bukan tanpa bahaya. Di sisi kanan terdapat tebing menjulang yang rawan longsor dan di bawahnya jurang. Jika hujan, jalanan ini pun akan sangat licin untuk dilalui.

Karena itu, Warman Asikin, salah satu warga Kp. Mekarbakti amat mengapresiasi tim penyaluran Sinergi Foundation yang datang menyalurkan bantuan di bulan Ramadhan. Dengan segala kesulitan yang ada, namun tak menyurutkan semangat berbagi ke Kp. Mekarbakti.

“Saya sangat mengapresiasi tim yang datang ke untuk membantu dhuafa lansia dan yatim. Karena dapat dirasakan sendiri, memang tak mudah untuk datang ke sini,” tutur Warman.

Menurut Warman, sebagian besar warga Kampung Mekarbakti ini berprofesi serabutan. Ada yang menjadi buruh tani, petani, kuli bangunan hingga ojeg gunung. Penghasilan sehari-hari mereka tak menentu, jika ditotal jumlahnya bahkan tak sampai nominal Rp 1 juta.

“Di sini sebisa-bisanya mencari nafkah. Karena pertanian kan bergantung sama musim. Jadi kalau ga ada kerjaan buruh tani, ya nguli apa ngojeg,” kisah Warman.

Dalam kesempatan tersebut Sinergi Foundation menyalurkan donasi Ramadhan para donatur berupa 25 paket sembako dan 100 paket ifthar. Pun pada penyaluran di Kp. Mekarbakti, diadakan Pesantren Inspirasi, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk ibu hamil dan anak oleh tim Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC).

Seluruh kegiatan ini semata-mata untuk menjadikan #RamadhanProduktif dengan kebaikan. Insya Allah, sepanjang Ramadhan ini akan ada banyak kegembiraan yang dirasakan mereka yang tak berpunya.

RamadhanProduktif merupakan tema besar penyaluran Sinergi Foundation pada momen Ramadhan 1443 H. Tak hanya menyapa dhuafa di lingkar kemiskinan ibukota, donasi dari para donatur pun disalurkan ke pelosok desa. Insya Allah, akan ada banyak kebahagiaan yang juga dirasakan dhuafa di wilayah terpencil.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER